Pendaftaran Mudik Gratis Dibuka


MALANG - Pendaftaran program  gratis Pemkot Malang melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang telah dibuka mulai Senin (14/5). Sejumlah 19 bus disediakan untuk mendukung program mudik gratis ini.
Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang Kusnadi S.Sos menjelaskan, pendaftaran akan dibuka sampai 1 Juni mendatang. Syarat yang diperlukan warga saat mendaftar hanya dengan membawa fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK).
”Tujuan mudik gratis antara lain,  Malang, Pasuruan, Probolinggo, Lumajang. Rute Malang, Tol Panjang, Suramadu, Sampang, Pamekasan. Rute Malang, Merjosari, Jombang, Nganjuk, Caruban dan Ngawi. Rute Malang, Pasuruan, Probolinggo, Jember. Serta rute Malang, Merjosari, Jombang, Nganjuk, Madiun dan Ponorogo,” jelas Kusnadi kepada Malang Post.
Dijelaskannya, keberangkatan bus program mudik gratis ini akan dilakukan pada tanggal 8 Juni mendatang. Pukul 07.00 WIB dan akan diberangkatkan di depan Balai Kota Malang. Ia mengharapkan warga dapat memanfaatkan program ini sebaik-baiknya.
“Program ini akan terus berkelanjutan karena menjadi program rutin pusat juga. Bus yang disediakan pun ada 9 disediakan dari APBD dan 10 unit bus lainnya disediakan dari Provinsi,” jelas mantan camat Lowokwaru ini.
Tidak hanya itu saja, nantinya penumpang program mudik gratis ini akan diberikan souvenir dan snack dalam perjalanan.  Saat ditanya terkait evaluasi program mudik gratis tahun lalu, Kusnadi menjelaskan, jika hasil evaluasi menunjukkan jika warga sangat antusias mengikuti program. Maka dari itu armada bus yang disediakan ditambah tahun ini. “Yang jelas dengan adanya program ini kami mencoba mengurangi kepadatan lalin mudik pengendara roda dua. Dan menurunkan risiko kecelakaan lalin di jalan,” pungkasnya. (mg6/aim)

Berita Lainnya :