Pelunasan BPIH Dimulai Pekan Depan


MALANG - Calon jamaah haji (CJH) bisa melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahun 2019,  pada pekan depan. Mereka juga diimbau melengkapi semua persyaratan untuk pengurusan visa.
Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Malang, Dr Mohammad Zaini MM menjelaskan, CJH Kota Malang tahun ini tercatat 1.200 orang. Mereka diminta mulai melunasi BPIH dan melakukan berbagai persiapan.
“Pelunasan tahap pertama akan berlangsung dari 19 Maret sampai 15 April 2019. Tahap kedua mulai 30 April sampai 10 Mei 2019,” jelas Zaini kepada Malang Post.
Untuk diketahui, BPIH tahun 2019 sebesar Rp 36.586.945. Ini sesuai Keputusan Presiden (Keppres) No 8 tahun 1440 H/2019  yang sudah diterbitkan. Setelah Keppres tentang BPIH terbit, selanjutnya tahapan pelunasan.
Zaini menjelaskan, pelunasan BPIH dilakukan dalam dua tahap. Pertama diperuntukkan bagi CJH yang sudah ditetapkan untuk berangkat pada tahun ini. Jika saat pelunasan tahap pertama masih ada sisa kuota, maka akan diprioritaskan CJH lansia.
"Lansia diprioritaskan pada tahap kedua pelunasan. Ketika tahap pertama ada yang membatalkan dengan berbagai alasan, maka kursi kosong yang ada kami prioritaskan untuk yang berusia 75 tahun ke atas, kategori lansia," jelasnya.   
Berbagai persiapan mulai disiapkan Kemenag Kota Malang. Di antaranya manasik haji dan diklat calon petugas pendamping haji. Sedangkan sosialisasi pelunasan BPIH sudah dilakukan sepanjang tahun lalu hingga sekarang. 
Sementara itu, di Kota Batu mulai mempersiapkan berbagai hal. Sebab informasi yang diperoleh,  keberangkatan CJH secara nasional dimulai 6 Juli. Kasi Haji Kemenag Kota Batu, Muhammad Faiz mengatakan,  saat ini ada 168 CJH asal Kota Batu. Jumlah itu bisa bertambah lantaran melakukan proses pengajuan usulan.
"Jumlah CJH masih bisa bertambah, baik bagi lansia maupun penggabungan mahram suami istri atau anak orang tua," ujar Faiz.
Ia menjelaskan, adanya kemungkinan penambahan CJH karena belum ada penetapan. Jika ada penambahan, maka  pembayaran dilakukan tahap kedua.

Berita Terkait

Berita Lainnya :