Ketua RW 23 Purwantoro Raih Kalpataru

 
MALANG - Ketua RW 23 Kelurahan Purwantoro, Kecamatan Blimbing, Ir. Bambang Irianto kembali mengukir prestasi luar biasa bagi warga Kota Malang.  Bambang Ir, sapaannya, meraih penghargaan tertinggi bidang lingkungan untuk perorangan. Yakni, penghargaan Kalpataru Kategori Pembina Lingkungan.
Kepastian Ketua RW yang terkenal dengan Kampung Glintung go Green (3G) ini tertuang dalam keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia  Nomor: SK.294.MENLHK/PSKL/PSL.3/6/2018 tanggal 29 Juni 2018 yang ditandatangani langsung Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya.
Dalam surat tersebut, Kategori Pembina Lingkungan selain Bambang Irianto juga diraih Dr. Mochammad Indrawan MSc yang beralamat Kampus IPB, Baranangsiang, Kota Bogor. Lokasi kegiatannya di  Dusun Kokolomboi, Desa Leme-leme Darat, Kecamatan Buko, Kabupaten Banggai Kepulauan,  Provinsi Sulawesi Tengah.
“Penghargaan Kalpataru dari pemerintah ini, tentunya sangat membanggakan bagi saya pribadi dan segenap warga Kota Malang. Hal ini membawa konsekuensi bahwa saya harus terus membangun negeri dari lorong-lorong kampung,” kata Bambang Irianto, kepada Malang Post, kemarin.
Menurut rencana, penghargaan ini akan disampaikan langsung Presiden Ir Joko Widodo di Jakarta. Hanya saja, waktu pelaksanaannya masih menunggu agenda dari presiden.
Sebelumnya, tim dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melakukan verifikasi faktual dan validasi data dengan terjun langsung ke Kampung Glintung akhir April 2018 lalu. Tim verifikasi ini bahkan menginap di Kampung Glintung dan melakukan wawancara terhadap warga setempat.
“Warga sangat gembira dan bangga dengan penghargaan ini. Kerja keras selama enam tahun tanpa uang pada awalnya. Sekarang berhasil meningkatkan kesejahteraan warga,” tambah Bambang.
Menurut Bambang Irianto, banyak pihak yang membantu atas suksesnya Kampung Glintung ini. Tak heran, jika pria yang pernah tampil di Ghuangzhou Award di Tiongkok ini mengucapkan banyak terima kasih.
“Pertama saya ucapkan terima kasih dan salut pada warga Glintung Go Green yang telah berjuang dengan gotong royong membangun kampung selama enam tahun tanpa lelah. Juga Rektor Universitas Brawijaya Prof. Dr. Ir. Mohammad Bisri, MS yang terus mendampingi saya dalam mengembangkan Gerakan Menabung Air yang sekarang semakin masif di tanah air,’paparnya.
Selain itu Bambang Irianto juga menyatakan terima kasih kepada Pemerintah Kota Malang yang selalu mendorong untuk berinovasi. Termasuk kepada keluarga besar Malang Post yang bekerja sama sejak awal pencanangan Glintung Go Green.  
“Selain itu, banyak yang terlibat di Kampung Glintung ini seperti Unisma, jajaran Kementerian BUMN, Bank Indonesia, BRI dan berbagai lainnya yang membangun kampung-kampung di tanah air,” tandasnya.
Penghargaan Kalpataru ini ada empat kategori. Yakni, Kategori Perintis Lingkungan, Pengabdi Lingkungan, Penyelamat Lingkungan dan Pembina Lingkungan. Dari empat kategori itu, dari Jawa Timur selain Bambang Irianto, Habitat Masyarakat Peduli Alam Raya (HAMPAR) yang beralamat di Jalan Raya Sawo, Kecamatan Campurdarat, Kabupaten Tulungagung juga memperoleh memperoleh penghargaan di Kategori Penyelamat Lingkungan. (jon/ary)

Berita Lainnya :

loading...