Jaga Lingkungan, Gunakan Bunga Daur Ulang

 
MALANG – Malang Flower Carnival (MFC) ke-8 yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang pada Minggu (16/9) mendatang, akan mengusung tema Eksotika Bunga Nusantara. Pagelaran besar ini merupakan kompetisi dan parade kostum tingkat nasional dan terbesar di Indonesia dengan mengangkat keindahan beragam bunga.
Creator MFC Agus Sunandar mengungkapkan, pada pegelaran ke-8 ini tema besarnya yakni tentang bunga nusantara khususnya Kota Malang baik itu daur ulang maupun bunga segar.
“Sementara untuk pesertanya dari berbagai daerah di Indonesia dan peserta undangan dari mancanegara,” ujar Agus, sapaan akrabnya.
Pada pagelaran yang digelar di sepanjang Jalan Ijen Kota Malang itu, beragam kostum megah bertemakan bunga akan menghiasi catwalk sepanjang 800 meter. Salah satu tampilan yang akan menghibur penonton yakni kostum bernuansa merah menyala menyerupai merak berhiaskan manik-manik emas yang indah dan mewah. Bahkan tampilan tersebut dilengkapi dengan mahkota seperti bulu merak berwarna marun.
Kostum karnaval bertema bunga, sebagai bentuk kepedulian pada lingkungan, sekitar 60 persen menggunakan bunga daur ulang, sisanya 40 persen bisa menggunakan bunga segar yang banyak ada di Kota Malang.
Kemeriahan MFC 2018 diperkirakan akan menyedot ribuan penonton dari berbagai daerah di Indonesia. Selain itu kali bakal dihadiri oleh tokoh penting dan kepala daerah.
“Kepala daerah sudah ada beberapa yang konfirmasi akan hadir dalam MFC ke-8 ini. Tidak hanya kepada di Jawa saja melainkan juga dari luar jawa sudah menyampaikan keinginannya datang dan menyaksikan kemegahan MFC di Kota Malang,” terangnya. 
MCF yang sudah delapan tahun digelar di Kota Malang juga sudah mendapat banyak prestasi dan pengakuan dunia internasional. Dia menyebut prestasi The Best Performances dalam Parade Budaya Internasional di Moskow tahun 2014, juga penghargaan Best National Costume, Miss Queen Tourism Ambassador International di Kuala Lumpur, Malaysia tahun 2016, festival kebudayaan di Cina Taipe dan negara lainnya.
MFC merupakan satu dari delapan event yang masuk ke dalam 100 Calender of Event (CoE) Wonderful Indonesia yang digelar sepanjang tahun 2018. Tahun ini, tema Eksotika Bunga Nusantara diambil untuk memperkuat branding Kota Malang sebagai Kota Bunga (Makobu). 
“Peserta yang akan ikut dalam MFC dari berbagai daerah di Indonesia. Ribuan pengunjung setiap tahunnya selalu memadati even spektakuler ini,” kata Kabid Ekonomi Kreatif Disbudpar Kota Malang Heri Sunarko. (lin/aim)

Berita Lainnya :