Banyak Kebakaran, Kerugian Bencana Capai Rp 9,8 Miliar


MALANG - Kerugian akibat bencana di Kota Malang hingga pertengahan tahun ini mencapai Rp 9,8 miliar. Data ini diakumulasi dari total kejadian bencana sejak Januari hingga akhir Mei lalu.
Pusat Pengendalian Dan Operasi Pusdalops (Pusdalops) PB Kota Malang dalam rilis resminya telah mencatat 13 kejadian bencana selama periode Mei 2019.
Kejadian itu diantaranya enam kali tanah longsor, enam kali kebakaran dan satu kali kejadian lainnya. Dalam catatan akhir bulan ini terungkap kejadian tanah longsor dan kebakaran merupakan jenis bencana yang kerap terjadi, dan mendominasi di setiap kejadian bencana di Kota Malang.  Meski begitu jumlah kejadian ini menurun kurang lebih 50 persen dibanding bulan April yang diketahui tercatat 23 kejadian. Di bulan Maret sebanyak 18 kejadian. Lalu di Bulan Februari ada 22 kejadian bencana tercatat dalam.
“Setiap bulan ada saja bencana longsor dan kebakaran. Kedua bencana ini tak dipengaruhi oleh musim, meskipun ada hujan kebakaran bisa terjadi. Sebaliknya meski kemarau longsor juga mendera,” kata Analisis Bencana BPBD Kota Malang Mahfuzi kepada Malang Post.
Menurutnya, bencana tanah longsor dan kebakaran merupakan bencana langganan. Hal ini diperkuat posisi geomorfologi wilayah dan kerapatan pemukiman di Kota Malang.
Bencana periode Mei mengalami kerugian yang mencapai Rp 1,1 miliar yang meliputi harta benda warga dan fasilitas umum. Sedangkan jumlah total kerugian hingga akhir Mei tercatat Rp 9,8 miliar. (ica/aim)

Berita Terkait

Berita Lainnya :