Bangun Peningkatan Kesadaran Politik Masyarakat

JAGA KONDUSIFITAS: Wali Kota Malang Sutiaji mengajak masyarakat untuk menjaga kondusifitas Kota Malang jelang Pemilu 17 April mendatang.
 
MALANG – Menjelang Pemilu 17 April mendatang, Pemkot Malang terus melakukan pendidikan politik kepada masyarakat, serta mengajak masyarakat dan seluruh komponennya menjaga kondisifitas. Seperti Kamis (14/3) kemarin, Wali Kota Malang Sutiaji bertemu dengan  ratusan perwakilan RT/RW, Lurah, Camat, kepolisian dan TNI, di Akasia Ballroom Savana Hotel.
 Hal tersebut dilakukan sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan suasana Kota Malang yang kondusif supaya pesta demokrasi berjalan lancar. Wali Kota Malang, Sutiaji mengungkapkan, pihaknya mengumpulkan melalui forum tersebut berharap, tokoh masyarakat bisa mengajak warganya untuk aktif berpartisipasi dalam Pemilu 2019. 
"Setiap RW, nanti ada tiga sampai empat Tempat Pemungutan Suara (TPS). Nanti harus dikumpulkan satu kesamaan arah, bagaimana mewujudkan ketertiban masyarakat," terang Sutiaji.
Selain itu, untuk menjaga kelancaran dan ketertiban pesta demokrasi, pria berkacamata itu juga meminta ketua RW betul-betul melakukan seleksi Ketua KPPS sebaik mungkin. "Selain itu, Linmas juga harus berpartisipasi untuk menjaga ketertiban masyarakat. Jangan sampai demokrasi hilang karena kepentingan orang lain," tegas dia.  
Pada kesempatan tersebut, ia mengajak seluruh peserta yang terlibat untuk bekerjasama dalam membangun kesadaran politik di masyarakat. “Sekaligus, memberikan pengertian kepada masyarakat terkait hak politik untuk meminimalisir golput,” papar dia.
Menurutnya, keterlibatan masyarakat secara aktif merupakan indikator dasar kualitas penyelenggaraan Pemilu. Tanpa adanya partisipasi masyarakat, demokrasi tidak bisa terwujud. "Demokrasi adalah dari, oleh dan untuk masyarakat," terang dia.
Dengan begitu, pihaknya berharap, jumlah keikutsertaan masyarakat dalam pemilu juga akan bertambah. “Kalau pesertanya tambah banyak makin bagus. Artinya banyak yang sudah mulai sadar fungsi pemilu,” tandas dia.(tea/aim)

Berita Terkait

Berita Lainnya :