Andreas Eddy Susetyo: Tol Wisata, Jalan Keluar Kemacetan


Rencana pembangunan Tol Sukorejo–Batu–Kediri atau Tol Wisata mendapat tanggapan positif oleh anggota DPR RI Anggota Fraksi PDI Perjuangan Komisi XI DPR RI, Ir. Andreas Eddy Susetyo MM dan PUPR Kota Batu. Mengingat pembangunan jalan tol diharapkan mampu memecah kemacetan dan meningkatkan pertumbuhan serta pemerataan ekonomi di Malang Raya. Tol tersebut sangat mendesak.
Andreas yang merupakan wakil rakyat dari daerah pemilihan  (Dapil) Malang Raya mengatakan bahwa rencana pembangunan Tol Wisata tersebut merupakan jalan keluar memecah kemacetan yang selama ini terjadi di Malang Raya. Khususnya pengendara dari luar Malang Raya atau Surabaya.
"Batu merupakan daerah wisata yang selalu dirundung macet saat akhir pekan. Ini tidak bisa dibiarkan dan harus ada ada jalan keluar atau alternatif seperti pembangunan jalan tol," ujar Andreas kepada Malang Post.
Terkait rencana pembangunan jalan Tol Sukorejo–Lawang-Batu–Kediri selain mengurai kemacetan dianggapnya mampu mengembangkan sektor pariwisata di Kota Batu. Tak hanya di Kota Batu, tapi juga KEK Singosari, Kabupaten Malang dan Kota Malang yang memiliki banyak potensi kuliner dan kerajinannya.
Karena itu, menurutnya pembangunan Tol Wisata akan meningkatkan dan menggeliatkan pertumbuhan ekonomi di Malang Raya. "Bahkan jika pembangunan segera dilakukan masyarakat di sekitar atau yang dilewati akan mendapatkan imbasanya. Yakni mereka bisa membuka usaha dan perekonomian akan tumbuh pesat," imbuhnya.
Andreas menambahkan, selain itu tingkat investasi yang akan masuk di Malang Raya juga tinggi. Sehingga sebagai anggota DPR RI pihaknya akan mendorong pembangunan Tol Wisata tersebut.