104 Sound of Unity Bakal Cetak Rekor MURI

 
MALANG - Kota Malang bakal mengukir sejarah rekor MURI lewat peradaban musik dalam event akbar bertajuk 104 Sound of Unity yang akan digelar Rabu (9/5) besok. Acara yang mengkolaborasikan banyak lintas komunitas dan pelaku musik itu itu akan tercatat sebagai event kali pertama di Indonesia.
Digagas Malang Musik Bersatu bersama Malang Sound Community akan melibatkan masing- masing 104 gitaris, basist, vokalis, drummer dan keyboardis. Sebanyak 104 sound system dan rental stage juga akan dihadirkan. Ketua Malang Sound Community, Zam Zam Damayanto mengatakan, untuk memaksimalkan perhelatan tersebut, pihaknya akan menggunakan daya sound system sebesar 520 ribu watt. Tentunya juga dengan dukungan tata lightning yang spektakuler.
”Ada tujuh lagu yang akan dibawakan dalam event ini. Dua lagu berjudul Malang Kota Subur dan Bangun Pemudi-Pemuda yang diaransemen oleh Dody Ide. Itu akan jadi lagu utama pada puncak acara,” katanya dalam acara konferensi pers di Stadion Gajayana, Senin (7/5).
Dijelaskannya, lima lagu lain akan dibawakan secara ensamble oleh tiap komunitas dengan konsep mars progresi rock antara lain, Guitarisick dengan Padamu Negeri. Menurutnya, 104 Sound of Unity menjadi saah satu rangkaian kegiatan gerakan Save Malang Heritage. Event ini merupakan bentuk antusiasme dalam rangka melestarikan budaya yang ada di Kota Malang serta bentuk konkrit pelaku musik merayakan hari jadi ke-104 tahun Kota Malang.
”Pada era modern dan digitalisasi saat ini, sebuah langkah konkrit diperlukan untuk menginformasikan, mengedukasi, menjaga dan menyelamatkan warisan budaya peninggalan masa-masa lalu,” imbuhnya.
Stadion Gajayana merupakan stadion tertua di Indonesia yang penuh dengan nilai historis. Oleh sebab itulah stadion kebanggaan warga Kota Malang ini menjadi pilihan dan alasan yang tepat sebagai venue ikonik diselenggarakannya acara ini. (mg6/aim)

Berita Lainnya :