Perumdam Among Tirto, Ajukan 1500 Sambungan Rumah


BATU - Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Among Tirto Kota Batu terus memaksimalkan pelayanan. Pelayanan tersebut berupa pengajuan 1500 Sambungan Rumah (SR) kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI.
Direktur Perundam Among Tirto, Edi Sunaedi mengatakan, pengajuan pelayanan kepada 1500 Sambungan Rumah khusus bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di Kota Batu. Pelayanan tersebut masuk dalam Program Hibah Air Minum dan Sanitasi 2019.
"Untuk program ini, kami tidak mau salah sasaran. Kami akan selektif mendata ke lapangan terkait siapa yang berhak menerima," ujar Edi kepada Malang Post, Senin (11/2) kemarin.
Laki-laki yang akrab disapa Sokek ini menjelaskan, program ini bertujuan untuk meningkatkan cakupan pelayanan air minum perpipaan bagi MBR. Sehingga pihaknya mampu meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat dan terpenuhinya kebutuhan layanan air bersih.
"Dalam program ini nantinya penerima hibah bisa mendapatkan SR dengan harga Rp 550 ribu. Untuk meringankan, warga pembayaran bisa diangsur sebanyak tiga kali tanpa ada biaya tambahan," paparnya.
Ia menguraikan lebih lanjut, penerima dana hibah meliputi beberapa kategori. Pertama adalah rumah tangga memiliki daya listrik kurang dari 1300 watt, tidak memiliki mobil pribadi, tidak menggunakan AC di rumahnya, rumah yang diajukan bukan rumah kosong dan bukan Aparatur Sipil Negara (ASN).
Untuk memaksimalkan pelayanan di Desa Pendem, Kecamatan Junrejo, pihaknya menargetkan 2.700 pelanggan agar segera dialiri melalui jaringan Perumdam Among Tirto. Saat ini masih sekitar 320 pelanggan yang sudah bisa dialiri, khususnya di Dusun Sekarputih Desa Pendem.
"Untuk memaksimalkan target di wilayah tersebut dalam waktu dekat, kami juga segera mengembangkan jaringan air untuk Dusun Mojorejo, Caru, Bangkon dan Jengglong," pungkasnya. (eri/feb)

Berita Terkait