Mobil Dodge Limousine Soekarno Mampir Among Tani


 
BATU - Sebanyak 40 mobil kuno berjajar di lapangan parkir Balai Kota Among Tani, kemarin. Puluhan mobil produksi era 70-an ke bawah yang masuk dalam klasifikasi mobil klasik dan vintage. Kedatangan Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) Jatim, dalam rangka Classic Car Tour 2018. 
Dari puluhan mobil yang ada, paling menarik adalah mobil Dodge Limousine tahun 1946. Kendaraan itu yang digunakan Proklamator sekaligus Presiden Pertama RI, yakni Ir. Soekarno. Sehingga tak salah jika dalam touring yang digelar hingga tiga kota tersebut berada di lajur paling depan. 
Ketua PPMKI Jatim, Hiapy Suryakusuma mengatakan bahwa dalam touring yang digelarnya akan melawati tiga rute.  Yakni Kota Batu, Jombang dan berakhir di Ngawi. Dengan perjalanan sejauh itu, diungkapkan oleh Hiapy, telah dipersiapakan dengan baik oleh para peserta. 
Terutama mesin yang masih terjaga hingga saat ini. “Jadi untuk mesin masih sangat terjaga kondisinya. Itu karena kami ingin tetap merawat mobil-mobil antik yang mungkin tidak diproduksi lagi," bebernya. Bahkan, selain touring, banyak kegiatan yang dilakukan PPMKI Jatim.
Mulai dari kontes mobil hingga melakukan baksos disetiap kegiatannya. Pemberangkatan kemarin, dihadiri oleh Kepala Plt. Dinas Pariwisata Kota Batu, Imam Suryono.
Dia mengatakan, PPMKI Jatim yang memilih Kota Batu sebagai tempat pemberangkatan, menjadi nilai lebih. Terutama Kota Batu sebagai destinasi wisata. 
“Secara tak langsung para peserta akan mengunjungi beberapa tempat wisata dan membeli produk UMKM masayarakat. Ini meningkatkan pertumbuhan ekonomi,” bebernya. Ia mengungkapkan, tahun depan juga akan diadakan kembali touring mobil klasik kembali. (eri/mar)

Berita Terkait

Berita Lainnya :