Manjakan Mata di Surga Hortensia Tulungrejo


BATU - Di balik ribuan pohon Pinus di Dusun Wonorejo, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu terdapat hamparan bunga cantik jenis Hortensia. Luasnya hampir 2 hektare. Di lokasi tersebut hanya ditanami satu jenis tanaman bunga dengan varian warna ungu dan merah muda.
Taman ini berada berada seperti di pedalaman hutan. Untuk mencapainya harus berjuang menembus rerimbunan pohon sekitar 20 menit dari jalan raya arah menuju Cangar. Atau tepatnya di BON 15, sebutan lahan petak nomor 15 dari Perhutani setempat.
Tak semua kendaraan bisa mengakses taman tersebut. Kecuali mengunakan mobil jeep atau motor trail. Begitulah kebun milik Lisyanto yang dinamai Anjasmoro Sekar. Bagi pengunjung yang ingin melihat hamparan kebun Hortensia ini cukup membayar dengan kucuran meringat.
Begitu juga dengan pengendaranya. Harus cermat dan konsentrasi penuh. Namun, tak perlu bingung jika menghubungi Sengkuyung Bumiaji sebagai pemandu wisatanya. Sudah sepaket dengan transport ditambah destinasi lainnya.
Ika Nurjanah, salah satu anak Lisyanto mengungkapkan kebun Anjasmoro Sekar dikelola oleh keluarganya. Setiap minggu  bisa panen hingga tiga kali. "Panen tergantung permintaan. Rata-rata seminggu bisa panen sebanyak 1.000 tangkai," jelas Ika kepada Malang Post, Minggu (11/8).
Untuk pemasaran bunga Hortensia sudah sampai luar Jawa. Salah satunya ke Bali. Selain itu dikirim ke Bandung hingga Jakarta. "Bagi petani yang mengirim ke luar Kota Batu bisa lebih untung. Karena harga bisa mencapai Rp 8.000 per tangkai," imbuhnya.
Namun, untuk perawatannya harus rutin. Terlebih di musim penghujan pada September hingga April. Berbeda dengan musim kemarau yang lebih mudah perawatannya.
Penasehat Sengkuyung Bumiaji, Musa Khuzainuddin menambahkan, wisatawan yang ingin menikmati keindahan kebun Hortensia tersebut cukup mudah. Pasalnya sudah termasuk dalam paket wisata Amazing Bumiaji.
"Jalanan terjal, dari bebatuan hingga tanah berdebu. Selain itu, tingkat kemiringan jalur sekitar 45 derajat cukup memacu adrenalin. Karena itu surga Hortensia ini masuk dalam paket wisata Amazing Bumiaji yang dimiliki oleh Bumdes Tulungrejo," bebernya.  
Ia menjelaskan, untuk menikmati keindahan taman tersebut, tamu atau wisatawan cukup merogoh kocek Rp 190 ribu dengan paket yang sudah ada. Mulai dari petik apel, edukasi peternakan sapi, dan wisata religi Pura Giri Arjuna.
Khusus, untuk taman Hortensia wisatawan akan disuguhi pandangan mata dipenuhi bunga bermekaran warna ungu dan merah muda yang berjejer rapi. Tak salah jika tindakan pertama adalah mengeluarkan gawai atau mengaktifkan kamera untuk diabadikan.
"Tiket masuk hanya Rp 5000. Begitu juga untuk memetik bunga per tangkainya senilai Rp 5.000. Namun jika bersama Sengkuyung Bumiaji sudah masuk paket trip," pungkasnya. (eri/van)

Berita Terkait