Kebut Perbaiki Tiga Dam


BATU - Perbaikan tiga dam jebol di Kota Batu sedang dikebut. Yakni di dam Banyuning Desa Punten, dam Prambatan Desa Gunungsari, dan dam Watugede di Kelurahan Temas.
Sekretaris DPUPR Kota Batu, Alfi Nurhidayat mengatakan, tiga dam itu sebelumnya jebol saat musim hujan, Oktober 2018 lalu hingga Maret 2019. Perbaikan baru dilakukan saat memasuki musim kemarau. Alasannya berisiko jika dikerjakan saat musim hujan.
"Saat ini kami tengah mengerjakan perbaikan di tiga dam. Dua dam dimulai pengerjaanya sejak Juli lalu dan ditargetkan selesai September. Sedangkan dam Prambatan sudah dikerjakan sejak bulan Maret lalu," jelas Alfi.
Dam Prambatan dikerjakan lebih awal karena mengaliri lahan pertanian seluas 508 hektare.
Sementara untuk dam Banyuning dan Watugede baru dikerjakan mengingat difungsikan untuk menahan sedimentasi. “Selain itu untuk mengatasi masalah erosi di sepanjang aliran sungai. Terutama di tikungan aliran sungai," bebernya.
Alfi menguraikan, Kota Batu terdapat 36 dam. Tersebar di Kecamatan Bumiaji sebanyak 15 dam, Kecamatan Batu sejumlah 11 dam, dan Kecamatan Junrejo  memiliki 10 dam. Semuanya dalam kondisi baik kecuali tiga dam yang masih dalam perbaikan."Kebutuhan anggaran sekitar Rp 1,5 miliar yang diambil dari cadangan belanja tak terduga," pungkasnya. (eri/van)

Berita Terkait