Jelang Millenial Road Safety Festival, Polres Batu Kerahkan 750 Peserta


BATU - Polres Batu bakal menjadi bagian dari sejarah di puncak acara Millenial Road Safety Festival di Jembatan Suramadu, Minggu (17/7) mendatang. Pasalnya akan mengirim 750 orang untuk melengkapi 70 ribu peserta kegiatan tersebut. Mereka terdiri dari pelajar dan 22 klub otomotif di Kota Batu, mulai dari motor dan mobil.
Hal ini dikatakan Kasat Lantas Polres Batu, AKP Diyana Suci Listyawati SIK. Dia menjelaskan, 38 kabupaten dan kota di Jawa Timur akan meramaikan puncak acara Millenial Road Safety Festival. Tujuannya untuk menekan angka kematian akibat kecelakaan lalu lintas yang menjadi pembunuh nomor 5 di Jatim pada tahun 2018.
"Kecelakaan lalu lintas menyumbang hingga 52 persen korban meninggal. Mayoritas korban adalah millenial atau usai 17-35 tahun, dari 24.688 kejadian kecelakaan lantas di Jatim," jelas AKP Diyana kepada Malang Post.
Lebih lanjut mantan Kaurmin Subbagrenmin Rorena Polda Jatim ini menguraikan, dari jumlah angka kecelakaan tersebut, rata-rata 15 orang meninggal setiap hari.  
Sementara tingkat kecelakaan di Kota Batu, Polres Batu mampu menekan angka kematian akibat laka lantas di tahun 2018 hanya dua orang. Sedangkan untuk pelanggaran lalu lintas selama operasi zebra Semeru sebanyak 185 pelanggaran.
Karena itu, jelas Diyana, dengan adanya Millenial Road Safety Festival diharapkan mampu menekan angka kematian akibat kecelakaan lalu lintas. Dalam acara tersebut,  peserta diberi edukasi tentang keselamatan berlalu lintas. Selain itu senam kolosal, dan berbagai aksi kolosal berlalu lintas agar masyarakat sadar dan tertib berlalu lintas.
"Untuk perwakilan Kota Batu, akan diberangkatkan oleh Kapolres Batu AKBP Budi Hermanto SIK M.Si. Sedangkan untuk aksi, akan menampilkan senam kolosal dan yel-yel," pungkasnya. (eri/van)

Berita Terkait

Berita Lainnya :