Indonesian Heritage Museum, Rayakan Imlek dalam Kebhinekaan


BATU - Perayaan  Imlek, Gong Xi Fat Choi 2570 ikut digelar Indonesian Heritage Museum Kota Batu, Selasa (5/2). Pengelola museum berlokasi di areal objek wisata Pasar Apung Museum Angkut Kota Batu ini mengajak pengunjung menari tarian the goddes from heaven dan menghadirkan barongsai.
Tarian The Goddes from Heaven adalah tarian China kontemporer. Mereka bagaikan dewa dewi yang turun dara langit, cantik dan ganteng bak ratu dan raja surgawi. Mereka menghibur dan membahagiakan para pengunjung dengan tarian gemulai. Mereka berdoa dan mengharap pengunjung mendapat umur panjang, kebahagiaan dan hujan rezeki berlimpah di waktu Imlek ini.
Menariknya, pengunjung bisa menari bersama hingga swafoto dengan barongsai. Mereka sangat bangga bisa berfoto karena barongsai merupakan kesenian khas Tiongkok. Dengan berfoto dengan barongsai, mereka benar-benar merasakan nuansa Imlek.
Indonesian Heritage Museum mengamil tema Harmonis dalam Kebhinekaan melalui Imlek ini. ‘’Perayaan  Imlek diselenggarakan secara meriah hampir di setiap provinsi dan sudut-sudut kota besar di Indonesia. Ini tidak lepas dari dari peranan penting Bapak Gus Dur sebagai tokoh pluralisme bangsa,’’ ungkap Elly T Halsamer, CEO dan Marketing Communication Yayasan dTopeng Kingdom kepada Malang Post.
Indonesian Heritage Museum, satu lokasi Pasar Apung Museum Angkut berada di bawah koordinasi manajemen Yayasan  dTopeng Kingdom turut mengadakan acara kesenian. Semua itu dilakukan sekaligus menjaga tradisi  kebudayaan Imlek dalam Museum.
Sesuai visi misi yayasan, tamnbah dia, Museum Indonesian Heritage (dTopeng Kingdom) berkomitmen lebih mendekatkan generasi muda ini kepada kebudayaan dan sejarah bangsa. Lebih menggelitik, pengelola ingin mereka bisa dan mau datang bermain ke museum
‘’Kami berusaha membuka wawasan mereka bahwa Museum sebenarnya sebagai temat sumber inspirasi dan kreatifitas. Sejarah masa lalu yang membuat kita lebih maju ke masa akan datang. Kreatifitas menggugah mereka agar juga mau ikut terlibat dalam museum,’’ katanya.

Berita Terkait

Berita Lainnya :