Dispendukcapil Optimis Tuntaskan 4.000 E-KTP

 
BATU - Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil menargetkan 4.000 penduduk Kota Batu yang belum memiliki eKTP bisa terselesaikan dalam rentang rentang 4-25 Juli 2018 atau tiga minggu. Hingga hari ke delapan ini, Dispendukcapil Kota Batu telah menyelesaikan 65 persen atau 2.600 penduduk ber e-KTP.
Itu artinya, Dispendukcapil Kota Batu harus menyelesaikan 1.400 lagi penduduk yang belum memiliki eKTP. Sehingga pihaknya melakukan berbagai upaya untuk memenuhi sisa target tersebut. Mulai dari sosialisasi ke sekolah, desa hingga fasilitas yang dimiliki pemerintah seperti billboard.
Kepala Dispendukcapil Kota Batu Maulidiono mengatakan, jika pihaknya akan menyelesaikan target yang dibebankan ke Pemkot Batu. "Dari target 4.000 penduduk yang harus memiliki eKTP, sudah kami rampungkan 2.600," ujar Maulid saat ditemui di kantornya, Balai Kota Among Tani pada kemarin (12/7).
Ia menjelaskan, dari rentang waktu tiga minggu yang diberikan oleh Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh saat berkunjung ke Dispendukcapil pada Selasa (3/7) lalu, sudah separo lebih yang telah diselesaikan Dispendukcapil. Jika melihat waktu yang diberikan, pihaknya optimis sisa waktu sekitar 12 hari bisa untuk menuntaskannya."Kebanyak dari penduduk yang belum belum bisa melaksanakan perekeman e-KTP dikarenakan data KK dan KTP yang tidak sama. Sehingga perlu waktu untuk menyelesaikan hal itu," paparnya.
Ia mengungkapkan, dalam sehari ada sekitar 150-200 orang yang mengajukan pelayanan e-KTP bisa diselesaikannya. Karena menurutnya saat ini untuk mengurus e-KTP hanya membutuhkan waktu paling lama 30 menit.
"Bahkan saat ini, pihaknya telah mendorong layanan terintergrasi. Artinya saat orang membuat akta lahir dalam sekali output bisa mendapatkan tiga surat sekaligus. Yakni akta lahir, KK, dan kartu identitas anak," paparnya.
Selain itu, untuk mecapai target tersebut, pihaknya juga telah menyiapkan materi atau blangko yang saat ini tersedia 10.098 blangko e-KTP. Sehingga dari target 4.000 penduduk belum memiliki e-KTP sangat tercukupi.
Ika Maria (32), warga Jalan Samadi Gang 3 RT 4 RW 11 Kelurahan Pesanggrahan Kecamatan Batu, salah satu pemohon e-KTP mengungkapkan, saat ini mengurus e-KTP sangat cepet. "Kemarin saya mengurus KK langsung jadi. Tapi karena datang sore hari dan waktunya mepet. Sekarang lanjut pembuatan e-KTP dan hanya 30 menit sudah selesai," paparnya.
Bahkan, ia sangat puas dengan fasilitas yang diberikan oleh Dispendukcapil Kota Batu, seperti memberikan tempat bermain bagi anak. Sehingga bisa dimanfaatkannya sebagai tempat bermain putranya sembari menunggu proses pembuatan e-KTP. (eri/lim)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...