22 Ribu Orang Akhiri Libur Lebaran di Batu


MALANG - Kunjungan wisawatan di Kota Batu selama libur Lebaran rata-rata per hari mencapai 20 ribu orang. Tercatat dari 13 tempat wisata utama, pada Minggu (9/6) dikunjungi 22.850 wisatawan. JTP 3 menyedot kunjungan wisatawan terbanyak sebanyak 6.624 wisatawan.
Marketing and Public Relation JTP Group, Titik S. Ariyanto mengatakan, jumlah wisatawan yang berkunjung di JTP Group rata-rata per hari mencapai 30 ribu orang. Menurutnya, kunjungan di JTP 3 menjadi favorit dibanding dengan JTP 1 dan 2 dengan rata-rata 4.000 wisatawan per harinya.
"Libur Lebaran kali ini lebih baik dibanding Lebaran tahu lalu. Pasalnya libur Lebaran tidak bersamaan dengan libur sekolah akan datang. Sehingga wisatawan membagi waktu liburnya dengan lebur sekolah," ujar Titik kepada Malang Post.
Meski begitu, ia mengungkapkan yang membedakan libur Lebaran kali ini adalah arus lalin yang lancar. Sehingga memudahkan wisatawan berkunjung ke berbagai tempat wisata di Kota Batu.
Direktur PT Selecta, Sujud Hariadi mengatakan, hingga pukul 16.00 WIB tercatat 13.600 wisatawan yang berkunjung ke Selecta. "Hari terakhir libur Lebaran ada pengurangan pengunjung. Artinya puncak liburan bagi wisatawan terjadi pada hari Sabtu lalu karena tak mau macet-macetan di hari akhir," imbuhnya.
Sementara itu, wisata pantai Malang Selatan menjadi tujuan wisata alternatif saat libur Lebaran tahun ini. Terutama Pantai Balekambang, yang masih menjadi primadona. Setiap harinya, ribuan wisatawan dari berbagai daerah menyerbu pantai yang berada di Kecamatan Bantur ini.
"Rata-rata per hari sekitar 1.500 sampai 3.000 pengunjung," ungkap Direktur Utama PD Jasa Yasa Kabupaten Malang, Ahmad Faiz Wildan, kepada Malang Post.
Wisatawan yang datang tidak hanya dari Malang Raya saja. Melainkan berasal dari berbagai daerah seperti dari Tulungagung, Blitar, Kediri, Surabaya, Mojokerto, Probolinggo hingga ada wisatawan dari Jakarta.
Pantai Balekambang masih menjadi primadona wisatawan, karena banyak wahana yang dapat dinikmati pengunjung. Selain fasilitas seperti cafe, tempat kuliner dan oleh-oleh serta penginapan, juga banyak permainan yang bisa dinikmati wisatawan.
Sedangkan untuk Pantai Ngliyep di Kecamatan Donomulyo, jumlah pengunjung tidak terlalu banyak. “Rata-rata setiap harinya hanya sekitar 500 wisatawan," sambungnya.
Mustaqim, warga asal Kediri yang tinggal di Pakisaji mengaku setiap liburan selalu datang ke Pantai Balekambang. Dia datang bersama rombongan keluarga besarnya.
Pantai Balekambang selalu menjadi tujuannya, karena selain tempatnya yang bagus, banyak fasilitas dan wahana wisata yang bisa dinikmati. "Dibandingkan dengan pantai lain, mungkin saya dan keluarga lebih senang ke Pantai Balekambang. Kadang kami sampai bermalam. Kalau ke pantai lain, mungkin hanya sekadar melintas saja," ungkap Mustaqim. (eri/agp/van)  

Berita Terkait

Berita Lainnya :