Kebun Tebu Seluas 4 Hektare Hangus


KEDIRI – Kebakaran tanaman tebu terjadi di lahan Lingkungan Sumberejo, Kelurahan Ngletih, Kecamatan Pesantren sekitar pukul 11.30 WIB, kemarin. Api mulai menyebar sekitar pukul 11.30. Akibatnya, lahan seluas sekitar 4 hektare hangus.
Zaenal, 52, warga setempat, yang sedang berada di rumahnya mendapatkan aduan dari warga di sekitar lokasi kejadian. “Langsung saya hubungi PMK (petugas memadamkan kebakaran),” ujarnya.
Dari keterangan warga, Zaenal mengetahui api tiba-tiba membesar. Para penebang tebu yang berada di area lahan itu langsung menyelamatkan diri. Kobaran api menyebar dari ke lahan yang baru tebang merembet ke lahan tebu yang belum panen di sebelahnya.
Zaenal dan warga sekitar berusaha memadamkan api sambil menunggu PMK. Kobaran api hampir mengenai rumah yang tepat bersebelahan dengan lahan tersebut. Beruntung PMK datang dan membantu memadamkan api.
Zaenal belum bisa memberikan keterangan pasti penyebab kebakaran. Dia menduga kebakaran karena ada percikan api dari bekas bakaran lahan tebu yang sudah panen di sebelah lokasi kejadian. “Tapi belum pasti, nanti nanya ke polisi atau PMK saja,” tambahnya.
Api bisa dipadamkan sekitar pukul 13.00 WIB. Achmad Arvan, ketua Regu PMK Kota Kediri yang sedang berjaga saat itu tiba bersama lima anggotanya memadamkan api. Menurut keterangan pihak PMK, kerugian material akibat kebakaran sekitar Rp 30 juta.
Hingga kemarin, penyebab kebakaran masih dalam proses penyelidikan. “Sudah masuk ranah kepolisian, penyebab kebakaran belum pasti,” tutup Arvan.(rk/rq/die/jpr/jon)

Berita Terkait

Berita Lainnya :