Desain Jalan Tol Pasuruan-Grati Akhirnya Diubah


PASURUAN - Jalan Tol Pasuruan-Grati yang melintas di Kelurahan Sekargadung, Kecamatan Purworejo, Kota Pasuruan, berubah desain. Perubahan desain ini setelah Pemkot Pasuruan melayangkan protes ke Kementerian PUPR.
Awalnya ruas tol sepanjang kurang lebih 300 meter direncanakan berada di bawah dan memotong Jalan KH Mansyur di sebelah barat serta jalan Kelurahan Sekargadung di bagian timur. Namun karena banyak keluhan warga, Pemkot dan DPRD sepakat mengirim surat protes ke Kementerian PUPR.
Surat protes tersebut membuahkan hasil. “Berdasarkan surat dari Pemkot Pasuruan, Kementerian PUPR memerintahkan kami merubah desain. Awalnya jalan tol berada di bawah dan jalannya warga kita ganti over pass (jembatan atas),” kata Direktur Teknik Jasa marga Gempol-Pasuruan, Ari Wibowo.
“Setelah dapat perintah akhirnya jalan tol akhirnya jalan tol kita buat di atas, sehingga jalan warga tetap di bawah,” katanya lagi kemarin.  Karena perubahan desain tersebut, proses pengerjaan tol sedikit lebih lama. Menurut Ari, pihaknya harus meninggikan urukan tanah untuk jalan tol.
“Ya karena ini perintah kita laksanakan saja,” tegas dia. Sebelumnya Wali Kota Pasuruan Setiyono saat dikonfirmasi membenarkan pemkot atas persetujuan DPRD mengirim surat protes agar desain jalan tol diubah. Selain karena banyak keluhan warga, dikhawatirkan wilayah di selatan tol akan menjadi kota mati.
"Bayangkan kalau tol di bawah dampaknya sangat besar. Itu akan membuat warga di bagian selatan seolah terpisah dengan warga di bagian utara. Selain itu kasihan warga saya kalau bersepeda atau tukang becak jika melintasi jembatan penyeberangan, pasti berat," ungkap Setiyono.
Dia bertemu Kementerian PUPR dan mendengar keluhan warganya. Akhirnya desain jalan tol di Sekargadung diubah. Ruas Tol Pasuruan-Grati merupakan bagian dari Tol Gempol-Pasuruan. Tol Gempol-Pasuruan sepanjang 34,15 kilo meter (KM) pembangunannya dibagi tiga seksi.
Yakni Seksi I Gempol-Rembang sepanjang 13,90 KM, Seksi II Rembang-Pasuruan sepanjang 6,6 KM dan Seksi III Pasuruan-Grati sepanjang 13,65 KM. Seksi I dan II sudah diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Jumat (22/6) lalu. Sedangkan Seksi III Pasuruan-Grati pengerjaan masih 40 persen. (dk/mar)

Berita Lainnya :

loading...