MalangPost - Zona New Normal, Tanpa Ukur Pakaian di Tempat

Kamis, 09 Juli 2020

  Mengikuti :

Zona New Normal, Tanpa Ukur Pakaian di Tempat

Jumat, 05 Jun 2020, Dibaca : 3264 Kali

BATU - Protokol kesehatan dalam masa transisi New Normal mulai diterapkan di berbagai tempat di Kota Batu. Khususnya instansi pemerintahan maupun swasta yang berhubungan dengan publik.


Salah satu yang telah menerapkan protokol kesehatan dengan acuan Perwali Kota Batu Nomor 56 Tahun 2020. Perwali tersebut tentang pedoman pencegahan dan pengendalian Covid-19 dalam status transisi darurat ke pemulihan. Hal itu diungkapkan Marketing Communication Lippo Plaza Batu, Azariel.
"Lippo Plaza Batu siap menyambut masyarakat yang sudah tak sabar untuk mendapatkan hiburan di transisi New Normal setelah diberlakukan PSBB. Namun lebih prioritas dari hal tersebut kami mengedepankan protokol kesehatan para customer dan pegawai selama beroperasinya Lippo Plaza Batu," jelas Ari, sapaan akrabnya kepada Malang Post.


Ia menerangkan protokol kesehatan yang telah diberlakukan di masa transisi New Normal mencakup berbagai aspek. Di antaranya meliputi manajemen mall, kesehatan, sampai pihak keamanan yang sudah diberi edukasi. Hingga sarana prasarana protokol Covid-19, pemberian stiker larangan, dan pemberlakukan one gate system.


Pantauan Malang Post seperti pengecekkan suhu tubuh customer di pintu masuk, penyediaan wastafel yang mewajibkan pengunjung cuci tangan sebelum masuk sudah dilakukan. Sampai kewajiban menggunakan masker dan menerapkan physical distancing.
"Apa yang kami lakukan demi kesehatan semua pihak yang bekerja dan berkunjung di mall. Kami akan tegas tidak memperbolehkan masuk customer yang datang tanpa memakai masker," tegas Ari.


Selain itu, salah satu sistem New Normal yang akan diterapkan di tenant pakaian Matahari. Customer dilarang mencoba pakaian, tidak seperti biasanya. Lantas untuk mencegah ketidaksesuaian ukuran, pengembalian pakaian akan diperpanjang sesuai waktu yang ditentukan.
"Nanti di toko pakaian Matahari, untuk New Normal ini, sementara fitting room tidak dapat dipakai. Lalu, jika ada pakaian yang dikembalikan, maka pakaian tersebut akan kami sterilkan terlebih dahulu," imbuhnya.


Matahari Department Store juga memberlakukan one gate, pembatasan pengunjung 50 persen, pemberitan batas di kasir, dan penggunaan face shield oleh kasir. Serta pemberlakuan satu pintu dan penyediaan tempat cuci tangan dan hand sanitizer di pintu masuk Matahari Departemen Store.
"Untuk rata-rata biasanya pengunjung mencapai 5.000 per hari. Saat ini hanya dibatasi maksimum 2.500 pengunjung," terangnya.


Selain sistem tersebut, di tiap-tiap tenant makanan, satu meja hanya dapat diisi dua orang. Lalu, untuk tempat-tempat hiburan, seperti tempat bermain anak dan bioskop di mall belum dapat beroperasi.
"Bisokop segera buka. Tapi kami msih siapkan SOP. Namun untuk permainan anak masih kami tutup. Kedepan handrail eskalator akan kita kasih sinar ultra violet untuk membunuh kuman dan virus," bebernya.
Ari menambhakan, dengan adanya sistem transisi New Normal yang saat ini diberlakukan, Lippo Plaza Batu dipastikan aman bagi pengunjung dan karyawan.  (eri/van)

Editor : Vandri Battu
Penulis : Kerisdiyanto