MalangPost - Warga Pesanggarahan Kota Batu Positif Covid-19

Rabu, 05 Agustus 2020

  Mengikuti :

Warga Pesanggarahan Kota Batu Positif Covid-19

Sabtu, 28 Mar 2020, Dibaca : 3672 Kali

BATU - Jumlah ODP di Kota Batu terus meningkat setiap harinya. Sabtu (28/3) kemarin dari data Diskominfo Kota Batu, ada 468 ODR dan 69 ODP. Kemudian untuk satu positif Covid-19 tinggal di wilayah Desa Pesanggrahan, Kecamatan/Kota Batu.
Dengan peningkatan jumlah tersebut, berbagai upaya dilakukan Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 di Kota Batu. Mulai dari memberlakukan kawasan sosial distancing dan melakukan penjagaan ketat oleh Polres Batu bekerja sama dengan Pemkot Batu di beberapa titik perumahan dan jalan raya.


Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso menyampaikan, dengan meningkatnya jumlah orang terdampak dengan status ODR, ODP, positif Covid-19, maka pihaknya melakukan berbagai kebijakan.
"Mulai hari ini (kemarin) melalui inisitif Polres Batu telah berlakukan penutupan kawasan  untuk sosial distancing di jalan raya dan beberapa perumahan agar tidak ada aktivitas guna mencegah penyebaran Covid-19," jelas Punjul.


Menurutnya langkah tersebut sangat efektif. Pasalnya dengan penutupan kawasan sosial distancing mampu menertibkan masyarakat untuk tidak keluar rumah.
Pelaksanaan social distancing kemarin dipimpin Kapolres Batu, AKBP Harviadhi Agung Prathama SIK MIK.  "Ini merupakan model dalam mencegah penyebaran Covid-19 dari hasil rapat bersama Forkopimda. Kami akan evaluasi apakah bisa diterapkan di perumahan-perumahan yang ada di Kota Batu," katanya.


Sementara itu, diinformasikan Bagian Humas Pemkot Batu bahwa informasi seorang warga yang dinyatakan positif  Covid-19 di Kota Batu berasal dari wilayah lain.  Namun indekos di Kota Batu. Warga tersebut awalnya berstatus ODR berdasarkan swab pada  17 Maret 2020. Sejak saat itu sudah dilakukan isolasi mandiri selama 14 hari. Begitu diketahui positif Covid-19 langsung dibawa ke RS Karsa Husada Sabtu (28/3) kemarin.  (ica/ira/eri/van)

Editor : Vandri Battu
Penulis : Redaksi