Wadahi Pelaku UMKM, Camat Pakis Buka Galery Pendopo | Malang Post

Jumat, 06 Desember 2019 Malang Post

  Follow Us


Kamis, 07 Nov 2019, dibaca : 378 , udi, ira

MALANG – Galery Pendopo, Kecamatan Pakis secara resmi dibuka Rabu (6/11). Pembukaan galeri ditandai dengan pemotongan pita yang dilakukan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Malang, Hj Anis Zaidah Sanusi di dampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Pakis, Dinar Sri Marlyn, dan Camat Pakis Firmando Hasiholan Matondang.
Setelah meresmikan, Anis langsung meninjau lokasi galeri dan memberi apresiasi, kepada Camat Pakis, yang sudah mewujudkan wadah bagi para perajin, atau pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk memasarkan produknya. Dia berharap, melalui galery itu berdampak pada kesejahteraan masyarakat terutama pelaku UMKM di kecamatan tersebut.
Sementara Mando, begitu Firmando Hasiholan Matindang menjelaskan, Galeri Pendopo Kecamatan Pakis tersebut, dibangun untuk menampung produk-produk dari pelaku UMKM. Tidak hanya makanan dan minuman, tapi produk lain, seperti kerajinan, cinderamata, dan lainnya.
Dia mengatakan, alasan membangun galeri ini berkaca dari banyak keluhan dari UMKM, yang kesulitan memasarkan produk. ”Problem yang dialami pelaku UMKM adalah pasar. Seringkali mereka menutup usahanya, karena kesulitan mencari pasar. Disinilah peran kami pemerintah. Dengan adanya galery ini, pelaku UMKM bisa memasarkan produknya,’’ ungkapnya.
Mando mengatakan, jika ada banyak pasar moderen menjual produk-produk lokal. Namun, umumnya produk-produk lokal tersebut didatangkan dari daerah lain. ”Padahal disini banyak produk lokal yang mumpuni. Sehingga dari situlah, kami berinovasi untuk mendirikan galeri ini,’’ ungkap Mando.
Dia yakin, letak galeri yang sangat strategis, berada di tepi jalan raya dan bersebelahan dengan kantor Kecamatan Pakis. ”Wilayah Pakis sangat strategis. Menjadi jalur utama wisatawan menuju Bromo Tengger Semeru (BTS). Sehingga akan banyak wisatawan yang datang ke sini,’’ ungkapnya.
Bukan itu saja, Mando juga melakukan koordinasi dengan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Malang, untuk mengenalkan galeri tersebut. Sementara itu, salah satu pelaku UMKM Kecamatan Pakis, Riska Kwarti Hartini, mengaku senang dengan dibukanya Galeri Pendopo Kecamatan Pakis. Dia yang memiliki usaha batik lukis memiliki tempat untuk memasarkan produk. Sejauh ini Riska banyak memasarkan produknya melalui pameran dan online. Melalui galeri itu ada tempat untuk berjualan.
Batik lukis, kata Riska, memang  bukan hal baru. Banyak daerah yang memiliki produk tersebut. Tapi, wanita berjilbab ini menyebutkan, dia memiliki ciri khas yang berbeda. Tentunya, dengan kualitas yang baik pula. Pelaku UMKM lainnya, adalah Abdul Muntholib. Warga Desa Mangliawan ini menjual produk mebel yang terbuat dari bahan kayu recycle (bekas). Dia berharap dengan adanya galeri ini, banyak orang mengenal produknya, dan membelinya. ”Disini selain produk kami, juga dijual sabun pembersih lantai, lilin aroma terapi, alat pijak kayu dan banyak lagi. Melalui galeri ini, wisatawan yang ingin membeli oleh-oleh tidak perlu bingung lagi. Karena semua oleh-oleh di galeri ini ada. (ira/sir/udi)



Loading...