Wadahi Lulusan Terserap Kerja, SMKN 12 Malang Gelar Job Matching | Malang Post

Minggu, 19 Januari 2020 Malang Post

  Mengikuti :


Minggu, 29 Sep 2019,

MALANG - Fasilitasi lulusan dengan dunia industri, SMKN 12 Malang mengundang puluhan perusahaan dalam gelaran Job Matching, Sabtu (28/9). Sedikitnya ada 29 perusahaan yang bergabung dan memberikan informasi lowongan pekerjaan yang tersedia.
Perusahaan tersebut berasal dari Malang Raya, Surabaya, Pasuruan, Sidoarjo, Surabaya dan Jakarta. Sasaran SMKN 12 Job Mtching ini adalah para alumni yang belum mendapatkan pekerjaan maupun sedang mencari kerja.
Waka Humas SMKN 12 Malang, Wahyuni, S.Pd, M.M.Pd, mengatakan, target kegiatan Job Matching ini agar mampu menyerap 100 persen lulusan ke dunia industri. "Berdasarkan data yang kami himpun, sebanyak 75 persen lulusan sudah bekerja. Tetapi bisa saja meskipun mereka sudah mendapat pekerjaan kadang baru satu atau dua bulan tidak betah yang akhirnya resign. Di sinilah kami ingin mewadahi alumni SMKN 12 Malang," ujar Yuni, sapaan akrabnya.
Perusahaan yang bergabung dalam SMKN 12 Job Matching ini antara lain Mayora, Smartfren, BCA Finance, PNM, BTPN, Orang Tua, Panin Bank Syariah, BNI, Indomaret, FIF Group, Arta Boga dan masih banyak lainnya. Meski baru pertama kalinya digelar namun antusias perusahaan terbilang tinggi dilihat dari target awal yang hanya 20 industri.
SMKN 12 Job Matching merupakan realisasi Dana Bantuan Pemasaran Tamatan SMK dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Tujuannya untuk meningkatkan keterserapan lulusan SMK di dunia kerja. "Selain itu juga untuk mempertemukan industri dengan pencari kerja, sehingga terjadi interaksi lulusan menawarkan kompetensinya kepada perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja, serta terjalinnya hubungan kerja sama yang erat sekolah dengan dunia industri," paparnya.
Menariknya, di momen ini SMKN 12 Malang tidak hanya memfasilitasi lulusan, tetapi juga memberikan kesempatan bagi siswa untuk menuangkan kreativitasnya baik melalui penampilan maupun produk kewirausahaan. Sedikitnya ada 10 stan makanan perwakilan dari masing-masing kelas. "Awalnya hanya Job Matching saja, tetapi kami berfikir kenapa tidak menggandeng siswa untuk menampilkan produk-produk hasil karyanya, apalagi di sekolah ada program wirausaha jadi sekaligus melatih jiwa entrepreneurship mereka," tandas Yuni.
SMKN 12 Job Matching pertama kalinya ini diharapkan bisa menjadi agenda rutin setiap tahun untuk memfasilitasi lulusan mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan bidangnya. Meski setiap tahunnya SMKN 12 Malang mengagendakan rekruitmen bagi kelas XII melalui serangkaian tes, siswa yang lolos ketika lulus akan langsung bekerja. (lin/sir/udi)

Editor : udi
Penulis : linda






LOWONGAN KERJA

Loker

WEB HOSTING HANDAL

ArdetaMedia

INTERNET STABIL dan MURAH

BestNet
Loading...