Wabup Baru Punya Misi Khusus

Jumat, 18 Oktober 2019

Kamis, 10 Okt 2019, dibaca : 231 , bagus, agung

Usai pemilihan Cawabup terpilih, Mohamad Soedarman memberikan statement resmi. Ia rupanya telah memiliki misi khusus. Ada lima misi utama untuk dituntaskan. Namun secepatnya ia akan berkoordinasi dengan Bupati Malang, sembari menunggu proses pelantikan. Koordinasinya terkait masalah dan tugas apa yang harus dilakukannya ke depan.
Ketika nantinya sudah dilantik dan ditetapkan sebagai Wakil Bupati Malang, Soedarman, akan langsung bekerja sesuai dengan visi misi yang disampaikan. Ada lima misi utama yang akan dituntaskan, saat mendampingi Sanusi, dalam melanjutkan sisa masa jabatan periode 2016 - 2021.
Pertama adalah meningkatkan kualitas pendidikan. Kemudian, pengembangan industri pariwisata, pemberdayaan generasi muda milenial, peningkatan pelayanan publik serta peningkatan tata kelola pemerintahan.
"Untuk detail dan teknisnya seperti apa, saya harus menunggu hasil koordinasi dengan Bupati Malang. Karena kapasitas saya hanya membantu," terang Soedarman.
Dikatakannya, untuk menuntaskan misi utama tersebut, banyak sekali teknis dan tahapannya. Sebab permasalahan yang dihadapi, tidak semudah yang dibayangkan. Karenanya harus berkoordinasi dengan dinas terkait.
"Tetapi keinginan saya, bagaimana kualitas lulusan pendidik di Kabupaten Malang bisa bersaing dengan daerah lain. Mulai dari lulusan tingkat SD sampai SMA sederajat. Sebab, latar belakang saya adalah pendidik, sehingga peningkatan pendidikan harus diutamakan," pungkasnya.
Sementara, Abdur Rosyid Assadullah, Spd. MM, cukup legawa dengan hasil pemilihan Cawabup. Meskipun perolehan suara yang didapat jauh dari Mohamad Soedarman, namun Gus Rosyid sapaan akrabnya mengaku tidak kecewa. Karena pelaksanaan sudah dilakukan secara demokratis.
"Ini adalah semua dinamika yang harus kita lewati. Dalam artian belum ada kesempatan, mungkin dikemudian hari akan ada kesempatan. Saya sendiri tidak kecewa, karena ini sebuah proses dimana menjadi sebuah kebersamaan untuk memperbaiki Kabupaten Malang ke depan lebih baik," paparnya.
Pilih Soedarman karena Fokus Pendidikan
Terpilihnya Drs. Mohamad Soedarman, MM, sebagai Calon Wakil Bupati (Cawabup) Malang, diharapkan bisa membantu tugas Bupati Malang, Drs. H.M. Sanusi, dalam menjalankan program pembangunan Kabupaten Malang. Terutama bisa meningkatkan kualitas pendidikan. Lantas bagaimana tanggapan para Ketua Fraksi partai politik.
Abdullah Satar, Ketua Fraksi PKB mengatakan bahwa secara detail tidak mengetahui profil Mohamad Soedarman. Namun dengan background dari akademis, diyakini bisa meningkatkan pendidikan di Kabupaten Malang.
"Dengan background seorang akademis, Insya Allah bisa lebih intens di bidang pendidikan. Bisa meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Malang. Selain itu, saya harapkan bisa membantu tugas Bupati Malang," ujar Abdullah Satar.
Ketua Fraksi Golkar dan Hanura, Sudarman, mengaku bersyukur karena tahapan pemilihan Cawabup sudah dilaksanakan. Sehingga terpilihnya Mohamad Soedarman bisa mengisi kekosongan Wakil Bupati.
"Adanya Wakil Bupati ini, akan membawa dampak positif bagi Pemerintahan Kabupaten Malang. Terutama dalam memberikan pelayanan pada masyarakat, sekaligus melaksanakan program lainnya," ucap Sudarman.
"Selain itu, Insya Allah dan yakin bisa membantu Bupati Malang dalam menjalankan tugasnya. Apalagi background sebagai akademisi, sehingga bisa meningkatkan kualitas pendidikan," sambungnya.
Kemudian, Ketua Fraksi Gerindra, M Syaiful Efendi, mengatakan bahwa terpilihnya Mohamad Soedarman adalah yang terbaik. Pemilihan yang dilakukan oleh anggota dewan, karena menganggap bahwa Soedarman bisa membantu tugas Bupati Malang Drs. H.M. Sanusi, terutama dalam dunia pendidikan.
"Pandangan saya, beliau adalah sosok akademisi. Sesuai dengan visi misi yang disampaikan, kami yakin bisa mengangkat kualitas pendidikan di Kabupaten Malang," ujarnya.
Ketua Fraksi NasDem, PPP dan Demokrat, Amarta Faza, menganggap bahwa keberadaan Wabup memang diperlukan, mengingat luasnya wilayah Kabupaten Malang dengan 390 desa dan kelurahan. Dengan kondisi itu, memang diperlukan pendamping Bupati Malang, untuk bisa mencakup semua kegiatan.
"Perjalanan dari ujung ke ujung Kabupaten Malang, memerlukan waktu lebih dari 6 jam. Sehingga ketika ada agenda bersamaan dan bupati tidak bisa, maka bisa diisi oleh wakil bupati. Sebab banyak tugas yang harus dilakukan dan dilengkapi kefungsiannya sebagai kepala pemerintahan daerah," jelas Amarta Faza.
Dikatakannya, terpilihnya Soedarman sebagai Wakil Bupati Malang sangat tepat. Karena Sanusi dengan background politisi, banyak melakukan praktik pemerintahan di lapangan. Sedangkan Soedarman adalah seorang akademis. Sehingga perpaduan yang tepat, untuk menyempurnakan pemerintahan Kabupaten Malang.
"Terkait dengan visi misi yang disampaikan, terutama meningkatkan SDM pendidikan, kami sangat mendukung. Tetapi tentunya, tetap nanti harus bekerjasama dengan Bupati Malang serta DPRD, terkait ketentuan alokasi anggaran untuk peningkatan kualitas pendidikan," paparnya.
Sementara, Ketua Fraksi PDI Perjuangan, Darmadi, mengatakan bahwa Parpol pengusung serta Bupati Malang, dalam mengusulkan calon sudah menimbang dan mengukur sesuai kebutuhan. Kedua Cawabup yang diusulkan sangat bagus, dengan visi misi yang disampaikan.
Dengan terpilihnya Mohamad Soedarman, sebagai Cawabup dipandang sangat bagus. Karena Bupati Malang segera memiliki wakil. Harapannya, keberadaan wakil bisa membantu tugas bupati sesuai dengan kewenangan dan menjadikan Kabupaten Malang lebih baik.
"Kami berharap semua program kegiatan bisa berjalan baik. Dan yang lebih penting catatan dari PDI Perjuangan, dengan sisa masa jabatan ini, harus fokus melaksanakan program yang sudah dituangkan dalam RPJMD. Jangan sampai menyimpang dari semua program yang sudah ada," tandas Darmadi.(agp/ary)



Loading...