MalangPost - V.O.A SMAIS 2020 Bertabur Prestasi

Kamis, 09 Juli 2020

  Mengikuti :

V.O.A SMAIS 2020 Bertabur Prestasi

Minggu, 21 Jun 2020, Dibaca : 1914 Kali

MALANG - SMA Islam Sabilillah Malang Boarding School memberikan apresiasi kepada siswa-siswi berprestasi selama satu tahun terakhir. Penghargaan diberikan kepada para siswa yang sukses meraih prestasi dari berbagai bidang.


Mereka yang berprestasi namanya disebutkan dalam acara Victory Of Our Achievement (VOA) yang digelar secara streaming oleh SMAIS, Jumat (19/6) lalu. Meskipun dalam masa Pandemi Covid-19, siswa saat ini belajar di rumah, SMAIS tidak melewatkan program tahunan tersebut.  Kali ini V.O.A SMAIS 2020 tidak seperti biasanya. Pandemi covid-19 telah merubah sistem sekaligus konsep acara yang selalu ditunggu oleh para siswa.  V.O.A SMAIS 2020 digelar secara daring melalui live streaming youtube. Pembawa acara juga oleh siswa yang tampil di rumahnya.
 “Semua kita konsep secara daring, persiapan kita kurang lebih seminggu,” ujar Waka Humas Dan Kesiswaan SMA Islam Malang Boarding School Agus Budiono, S.Pd.


V.O.A menjadi ajang penghargaan bagi siswa-siswi berbakat dan berprestasi. Yaitu prestasi akademik dan prestasi karakter. Prestasi akademik terdiri dari prestasi tiga besar kelas dan tiga besar pararel.
Prestasi karakter meliputi delapan poin penilaian. Yaitu Best Religion, Best Attitude, Best Self-Appearance, Best Self-Consciousness, Best Intelligence, Best Leadership, Best Environmentalist, Best Citizenship Dan The Best Character.    
“Selain sebagai momentum memberikan penghargaan kepada siswa-siswi hebat, VOA SMAIS selalu ditunggu oleh para siswa sebab dalam acara tersebut ada inagurasi seni. Yakni penampilan kreativitas siswa di bidang seni dan olahraga yang menjadi pemenang dalam lomba pasca PAT,” ungkapnya.
Sebagaimana diberitakan Malang Post sebelumnya, SMA Islam Sabilillah Malang Boarding School untuk kesekian kalinya suskes menggelar kegiatan Victory Of Our Achievement (VOA). Agenda rutin yang digelar setiap akhir tahun ini menjadi pucak kegiatan setiap selesai Penilaian Akhir Tahun (PAT).  


Pentas seni serta kreativitas siswa yang biasanya dapat dinikmati secara langsung, kali ini dikonsep dengan sebuah rekaman yang dibuat sendiri oleh siswa. Selanjutnya karya video dari banyak siswa tersebut dikirim ke sekolah untuk dilakukan editing menjadi satu video yang selanjutnya ditayangkan secara streaming.  Diantaranya lagu perpisahan oleh siswa kelas XII. Adapun siswa kelas X dan XI menampilkan puisi, video kompilasi, story telling dan fotografi.
“Para juara akan mendapat hadiah yang langsung kami kirimkan ke masing-masing siswa sesuai alamat. Sedangkan untuk tropi dan piagam bisa diambil saat masuk sekolah,” tuturnya.


Kepala SMA Islam Sabilillah Malang Boarding School Luqman, M.Pd., mengatakan, Pandemi Covid-19 mengandung hikmah yang besar untuk kemajuan sistem pendidikan. Termasuk dalam hal peningkatan kreativitas guru dan siswa SMAIS. Serta menjadikan sesuatu yang awalnya tidak mungkin menjadi mungkin. “Hari ini kami buktikan kegiatan VOA yang biasanya dilaksanakan secara langsung kini bisa dengan virtual,” terangnya.


Ia mengungkapkan, pandemik tidak menjadi alasan bagi civitas SMAIS untuk tidak berkreasi. Justru kata dia, dengan pandemi membuat guru lebih kreatif. Tidak hanya proses pembelajaran, VOA yang salah satunya memuat Annual Report atau Laporan Tahunan guru dapat dilaksanakan dengan online.  


Di akhir tahun pembelajaran kali ini, Luqman juga menyampaikan ungkapan terima kasih kepada seluruh pihak yang mendukung program-program SMAIS. Termasuk kepada media massa yang selalu support memberitakan program-program positif untuk kemajuan SMAIS. “Kami juga ucapkan terima kasih kepada Malang Post, yang selalu mendukung kami. Tanpa dukungan media kami seperti tanaman yang tidak disiram,” ungkapnya. (imm/sir/aim)

Editor : Muhaimin
Penulis : Imam Wahyudi