Usai Cedera, Alfin Belum Maksimal | Malang Post

Minggu, 15 Desember 2019 Malang Post

  Mengikuti :


Senin, 26 Agu 2019, dibaca : 599 , Parijhon, stenley

MALANG – Kritikan tajam mengarah pada fullback Arema FC, Alfin Tuasalamony. Ia menjadi sasaran kekecewaan Aremania, imbas kekalahan dari Bali United, akhir pekan lalu. Namun, pembelaan diberikan tim pelatih pada kondisi Alfin, yang dianggap belum pulih total kondisinya usai cedera.
Dalam beberapa laga terakhir, nama Alfin jadi sasaran kritikan dari suporter, terutama di dunia maya. Apalagi, ketika dua pekan terakhir, dia harus menempati posisi sebagai bek kiri, yang bukan posisi idealnya. Sebaliknya, di bek kanan, Agil Munawar kian nyaman secara permainan, yang membuat tim pelatih tak ragu memilih Agil ketimbang Alfin.
Asisten Pelatih Arema, Kuncoro mengakui wajar kritikan diarahkan pada salah satu pemainnya tersebut. Namun, dia tetap berharap Alfin juga bisa meningkatkan performa sehingga bisa terlepas dari kritikan atau bahkan hujatan.
“Sebenarnya itu (kritikan) wajar. Karena dia main kurang maksimal, sementara suporter melihat yang lain bekerja keras. Kasihan yang lain lah. Wajar ada kritikan itu,” ungkap Kuncoro.
Bahkan, dia memberikan dulu kejadian bisa lebih parah. Seperti pelemparan pada bus yang ditumpangi pemain, sekalipun tidak menyasar pada individu tertentu.
“Kalau soal individu yang dikritik, berarti pemain juga harus bisa memahami mengapa terkena kritikan. Kalau dari tim pelatih, sebenarnya tidak enak mengkritik pemain,” beber dia.
Ia menyebutkan, pemain, dalam hal ini Alfin, harus mampun menjaga kondisi fisiknya. Apalagi, posisi intinya sudah direbut pemain lain. “Bagi suporter yang tidak suka, kan mereka mengkritik. Tetapi kasihan juga kalau suporter sendiri yang menghujat, kasihan mentalnya,” paparnya.
Menurutnya, untuk kondisi Alfin saat ini lebih pada kebutuhan meningkatkan kondisi. Setelah cedera dan sempat menjalani operasi beberapa waktu lalu, performa pemain asal Tulehu itu memang belum maksimal.
Alfin mengalami cedera jelang laga melawan Madura United. Sejak saat itu, Agil Munawar menempati posisinya. Lalu, Alfin juga sempat terkena akumulasi kartu kuning, yang membuatnya kembali absen di laga melawan Persebaya Surabaya.
Pada saat melawan Persebaya, Nasir pun didapuk sebagai bek kiri dan bermain bagus. Hal yang sama terjadi ketika bertemu Bali United, ketika Alfin yang tidak optimal digantikan oleh Nasir. Setelah itu, kritikan deras harus dialami oleh Alfin. (ley/jon)



Senin, 25 Nov 2019

Jaga Kondisi, Latihan Sendiri

Jumat, 22 Nov 2019

Sylvano Comvalius Gabung

Loading...