MalangPost - Urus KTP, Dispenduk Antar Dokumen Jadi ke Rumah

Kamis, 02 Juli 2020

  Mengikuti :


Urus KTP, Dispenduk Antar Dokumen Jadi ke Rumah

Sabtu, 12 Okt 2019, Dibaca : 999 Kali

MALANG – Mengurus administrasi kependudukan semakin mudah. Dispenduk  Capil Kota Malang  mengeluarkan layanan Antar Dokumen Pelayanan Gratis (Andok Petis). Dengan program tersebut, masyarakat yang sedang melakukan kepengurusan administrasi data kependudukan hanya tinggal duduk manis di rumah menunggu dokumen datang.
Kepala Dispendukcapil Kota Malang, Eny Hari Sutiarny mengungkapkan, menuju Malang Smart City, tahun ini, pihaknya memiliki inovasi yang dinamakan Andok Petis. Masyarakat yang ingin mengurus administrasi kependudukan  tidak harus datang ke kantor Dispendukcapil. Cukup dilakukan melalui kantor kelurahan setempat.
“Jika ada masyarakat yang melakukan pengurusan administrasi kependudukan melalui kelurahan tidak perlu menunggu kapan dokumen tersebut akan jadi. Petugas kami nanti yang mengantar,” terang dia.
Para petugas  akan mengantarkan dokumen yang telah diurus sesuai dengan alamat domisili masyarakat yang bersangkutan. “Tidak perlu khawatir, pengantaran dokumen ini tidak dipungut biaya alias gratis,” kata Eny.
Melalui inovasi yang dibuat tersebut, dia berharap agar masyarakat Kota Malang tidak ogah-ogahan mengurus data kependudukan. Sehingga, masyarakat yang belum memiliki identitas kependudukan dia sarankan untuk segera mengurusnya.
"Terutama KTP. Karena suket juga memiliki kekuatan hukum layaknya e-KTP. Meskipun memang harus dilakukan perpanjangan setiap enam bulan sekali," terang dia.
Sementara itu, saat ini, blanko e-KTP memang belum tersedia. Pihaknya juga masih menunggu dari pemerintah pusat untuk mendapat kiriman. "Jika sudah dikirim, maka kami akan umumkan melalui kelurahan," papar dia.
Berdasarkan data yang terekam, sejak Januari hingga Juli 2019, tercatat ada 658.088 jiwa yang melakukan perekaman KTP-el. Sementara jumlah wajib perekaman di Kota Pendidikan ini adalah 695.688 jiwa. Seluruhnya masih melakukan pencatatan menggunakan suket.(tea/aim)

Editor : aim
Penulis : amanda