Untari: Kabupaten Malang Butuh Lompatan Jauh | Malang POST

Senin, 17 Februari 2020 Malang Post

  Mengikuti :


Rabu, 22 Jan 2020,

MALANG - Potensi pengembangan wilayah di Malang Raya, khususnya di Kabupaten Malang tidak bisa dipandang remeh Anggota DPRD Provinsi Jatim Dra Sri Untari MAP.
Kabupaten Malang memiliki rakyat yang kuat dan potensi inovasi mandiri yang besar.
Hal ini diungkapkan Untari saat berkunjung ke Kantor Redaksi Malang Post, Rabu (21/1) . Menurutnya, potensi wisata yang melimpah, ekonomi kerakyatan yang dapat dibina mandiri hingga sosial masyarakatnya yang kokoh menjadi modal pengembangan daerah.
“Kabupaten Malang punya laut, ada sawah, ada bukit, kebun, gunung. Ini potensi yang sangat besar tanpa harus diubah banyak, tapi dikembangkan sudah sangat baik,” papar Untari.
Politikus yang juga tokoh koperasi ini mengatakan, potensi secara nyata saja bisa dilihat dari data statistik terbaru tentang Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kabupaten Malang yang  mencapai Rp 87 triliun. Jika dibandingkan dengan APBD-nya yang berkisar Rp 4,3 triliun, dapat disimpulkan secara finansial ekonomi masyarakat Kabupaten Malang dapat mandiri bahkan tanpa pemerintah.
“Ya bisa dibilang dari sisi governance spending nya, katakan saja tidak ada pemerintah rakyatnya bisa hidup,” tegas Untari.
Meski begitu, peran pemerintah tidak serta merta tidak diperlukan. Hal ini harusnya ditangkap dengan jeli oleh pemerintahnya. Dengan stategi dan program yang tepat, Kabupaten Malang dapat melompat lebih jauh dan maju.
Belum lama, ia berkunjung ke Desa Pujon Kidul yang dapat dijadikan salah satu contoh desa mandiri. Warga disana bisa berkembang dengan inovasinya sendiri.
“Maka dari itu sebagai regulator (pemerintah,red) bagaimana caranya bisa bergandeng bersama warga. Diayomi warga agar mau mendukung juga program baik pemerintah,” tandas Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Timur ini.
Tidak hanya itu, dalam rencana jangka panjangnya di politik, Untari juga berecana menerapkan beberapa program yang ia tangkap dapat dilakukan di Kabupaten Malang.
Ketua Umum Kopwan Setia Budi Wanita (SBW) Malang ini memiliki banyak program koperasi yang tersebar di seluruh desa yang ada di Kabupaten Malang. Kedepan akan lebih dikembangkan sehingga dapat membantu ekonomi masyrakat desa disana. (ica/aim)

Editor : Muhaimin
Penulis : fFrancisca Angelina



Loading...


Honda
mitsubhisi

WEB HOSTING HANDAL

ArdetaMedia

INTERNET STABIL dan MURAH

BestNet
Loading...