Unmer Malang Percantik Kampung Grangsil dengan Jembatan Bunga | Malang Post

Minggu, 15 Desember 2019 Malang Post

  Mengikuti :


Rabu, 02 Okt 2019, dibaca : 2406 , rosida, agiem

MALANG - Mimpi membangun spot jembatan taman bunga di Desa Jambangan Dusun Grangsil Kabupaten Malang akan segera terwujud. Hal ini berkat Universitas Merdeka (Unmer) Malang yang membina desa sejak dua tahun lalu.
Ketua Program Pengembangan Desa Mitra Dusun Grangsil yang juga Wakil Rektor I Unmer Malang Prof. Ir. H Respati Wikantiyoso, MSA.,Ph.D menyampaikan, bahwa keberadaan spot jembatan taman bunga ini akan menjadi ikon luar biasa. Tentunya, kata dia, sangat menarik dengan mengandalkan bunga sebagai objek keindahan kawasan wisata.
“Proyek pembangunan spot jembatan taman bunga sudah berjalan, dan insyaallah akan selesai pada bulan depan sehingga dapat dinikmati oleh wisatawan pada liburan akhir tahun nanti,” kata Respati.
Lebih lanjut, WR I Unmer Malang yang juga mengajar sebagai Dosen S1 & S2 Arsitektur ini menjelaskan bahwa kawasan Grangsil memiliki potensi yang dapat dikemas untuk mendukung destinasi wisata Taman Bunga. Menurutnya masyarakat Grangsil mayoritasnya sebagai petani tanaman sehingga harus memanfaatkan potensi disekitarnya.
“Saya bersama tim Unmer Malang sudah merumuskan konsep destinasi wisata untuk menunjang keberadaaan kampung bunga ini, supaya dapat dikenal dan berkembang, dimulai dari managemen maupun pemasarannya,” ucapnya.
Selain itu, Unmer Malang memberikan pelatihan terhadap warga sekitar dalam persiapan untuk menjamu tamu-tamu maupun wisatawan yang akan ke Kampung Bunga Grangsil nantinya. Tidak hanya itu pihaknya memberikan ide yakni dengan cara memfasilitasi home stay sebagai tempat singgah untuk wisatawan.
“Kami akan melakukan pendampingan terus supaya potensi kampung ini dapat sejahtera dan memperdayakan masyarakat itu sendiri,” katanya.
Sementara itu, fasilitas program ini  berhasil mendapatkan dana hibah dari MENRISTEKDIKTI yang kemudian diharapkan dapat meningkatkan kemandirian warga. Tidak hanya itu, bisa menjadikan Desa Jambangan Dusun Grangsil sebagai sentral tempat kampung bunga dan destinasi edukasi wisata di masa mendatang.
“Kita berharap kampung ini akan menjadi salah satu ikon wisata yang paling diminati, dan menjadikan pemberdayaan masyarakat yang sejahtera,” pungkasnya. (mp4/adv/oci)



Loading...