Universitas Muhammadiyah Malang Siap Lahirkan 30 Profesor | Malang POST

Senin, 17 Februari 2020 Malang Post

  Mengikuti :


Minggu, 29 Des 2019,

MALANG - Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) tengah menggalakkan akselerasi internal gelar profesor. Bahkan kampus ini menargetkan 30 profesor di tahun 2020 yang diawali 3 guru besar bidang Pertanian, Akuntansi dan Manajemen di bulan Januari mendatang.
Komitmen akselerasi guru besar juga dilakukan melalui beberapa upaya termasuk menyiapkan tenaga khusus. Ada juga program profesor asuh, yakni setiap profesor berkewajiban mengasuh para doktor agar segera menjadi profesor.
"Profesor asuh sudah berjalan sejak 2018, tetapi kami melihatnya dari kelayakan persyaratan yang diajukan, mendorong para doktor yang sudah memenuhi syarat," ujar Rektor UMM, Dr. H. Fauzan, M.Pd.
Dikatakannya, setiap profesor memiliki kewajiban 'menggurubesarkan' para doktor dengan rasio 1 profesor mengasuh minimal 6 doktor yang telah memenuhi syarat. Terlebih sebagai seoarang dosen mempunyai kewajiban untuk meningkatkan kapasitas ilmunya hingga jabatan akademik guru besar.

"Kalau guru besar menulis atau meneliti itu biasa, yang luar biasa guru besar menjadikan para doktor menjadi profesor," tegas Fauzan.
Sebagai profesor yang baru-baru ini dikukuhkan, Prof. Akhsanul In'am, Ph.D, mengatakan ketika seseorang menjadi guru besar memang hendaknya membantu yang lain agar ada proses percepatan.
"Dan itu sudah kami lakukan, ketika kami memiliki strategi bagaimana menjadi guru besar ini harusnya juga harus kami tularkan ke yang lain," kata In'am.
Ia menegaskan, ketika seseorang memiliki ilmu tetapi tidak ditularkan justru akan sia-sia. Akan menjadi keberkahan tersendiri apabila berbagi ilmu sesuai bidang yang dikuasai.
"Bagaimana menyampaikan dengan cara yang baik sehingga hubungan antara manusia dengan Tuhan dan manusia dengan manusia bisa tercapai. Jangan sampai menyesakkan tetapi harus menyenangkan," tandas guru besar Bidang Ilmu Pendidikan Matematika ini. (lin/oci)

Editor : Rosida
Penulis : Linda



Loading...


Honda
mitsubhisi

WEB HOSTING HANDAL

ArdetaMedia

INTERNET STABIL dan MURAH

BestNet
Loading...