MalangPost - Universitas Katolik Widya Karya Malang, Tingkatkan Mutu Dengan Konsep 3P

Kamis, 09 Juli 2020

  Mengikuti :

Universitas Katolik Widya Karya Malang, Tingkatkan Mutu Dengan Konsep 3P

Selasa, 23 Jun 2020, Dibaca : 2769 Kali

MALANG - Rektor Universitas Katolik Widya Karya Fr. Dr. Monfoort, BHK, SE, M.Pd, MM, MIH, M.AP. memaparkan strateginya dalam membangun sistem di masa-masa awal kepemimpinannya. Pria asal Flores yang dipercaya menjabat rektor baru sejak Maret lalu ini menerapkan konsep 3P, yakni Penampilan, Pelayanan dan Prestasi.


Ditemui Malang Post, Selasa (23/6) , Frater Mon, sapaan akrabnya mengatakan, penampilan sangat menentukan karisma dan performa perguruan tinggi. Maka setelah dilantik sebagai rektor, ia melakukan banyak perubahan di Unika Widya Karya.


Kalau dilihat dari depan, kampus di Jalan Bondowoso ini tampak lebih cemerlang. Warna biru dan jingga yang menjadi ciri khas Unika Widya Karya terlihat lebih cerah. Begitu juga beberapa gedung yang ada di bagian tengah dan belakang.
"Saya minta supaya lebih diperbarui catnya agar tampak lebih cerah, dan memberikan kesan yang indah," katanya.
Membahas tentang penampilan tentu tidak hanya warna gedung. Penampilan berkaitan juga dengan kebersihan dan kerapian. Maka sebagai rektor, Frater Mon selalu mengimbau kepada seluruh dosen, karyawan dan mahasiswa untuk selalu berpenampilan rapi.


Mantan Ketua Yayasan Mardi Wiyata ini menambahkan, selain tentang penampilan, Unika Widya Karya saat ini berkomitmen mengutamakan pelayanan kepada mahasiswa dan masyarakat. Sebab menurutnya, pelayanan menjadi kunci keberhasilan sebuah instansi untuk maju dan berkembang.
Ia melakukan terobosan dengan membenahi seluruh sarana dan pra sarana. Yang tak kalah penting membangun suasana kerja dan suasana belajar yang nyaman.
“Kami berkomitmen untuk membangun  suasana dengan asas kekeluargaan, tanpa ada batasan yang membuat kesenjangan satu sama lain. Jabatan bukan sesuatu yang membuat jarak, tapi sebagai media untuk membangun semangat kerja yang kolektif,” tuturnya.


Selanjutnya, dalam membangun sistem dan mutu akademik yang bagus pihaknya memperbaiki statuta sesuai tuntutan Dikti. Kemudian menyusun restra di masing-masing fakultas dan prodi, sehingga program kerja terarah dan mencapai akreditasi sesuai dengan harapan.
Adapun dalam upaya mendongkrak prestasi dosen dan mahasiswa, Unika Widya Karya telah membuka satu lembaga yang fokus untuk meningkatkan prestasi. Yakni Lembaga Inovasi Belajar Mengajar (LIMB). Lembaga ini juga baru dibuka beberapa bulan yang lalu.
"Harapannya dengan kita punya lembaga ini dosen semakin kreatif dalam melaksanakan tugas mengajar, dengan terbiasa menggunakan sarana teknologi digital misalnya, agar kuliah menjadi efektif dan inovatif," terangnya.


LIMB juga diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Mereka diberikan ruang yang lebih luas untuk berekspresi dan melakukan kajian dan diskusi ilmiah.
“Sehingga betul-betul terprogram, tujuan kami untuk memberikan yang terbaik untuk mahasiswa. Karena lembaga yang bagus, memiliki kualitas dari sisi input, proses, output dan outcame,” paparnya. (imm/sir/jon)

Editor : Jon Soeparijono
Penulis : Imam Wahyudi