MalangPost | UM Peduli, Bantu APD untuk Tim Medis

Sabtu, 06 Juni 2020

  Mengikuti :


UM Peduli, Bantu APD untuk Tim Medis

Selasa, 07 Apr 2020, Dibaca : 2043 Kali

MALANG - Universitas Negeri Malang (UM) ikut andil melakukan penggalangan dana hingga penyaluran donasi penaggulangan Covid-19. Selasa (7/4), sebagian hasil donasi penggalangan dana yang dilakukan UM diserahkan ke Pemkot Malang dalam bentuk berbagai barang yang diperlukan dalam penanganan Covid-19.


Donasi UM untuk masyarakat yang diserahkan langsung kepada Wali Kota Malang Sutiaji antara lain, Alat Pelindung Diri (APD) beruapa hazmat  sebanyak 245 buah, face shield 245 buah, sarung tangan steril ukuran ukuran 7 sebanyak 100 buah, sarung tangan steril ukuran 7,5 sebanyak 100 buah, sarung tangan non steril ukuran L 6 box dan masker bedah 40 box.  Rektor UM, Prof. Dr. H. AH. Rofi'uddin, M.Pd. mengatakan, donasi digalang dari dosen, karyawan dan mahasiswa. "UM hadir dari masyarakat. Maka ketika terjadi kondisi seperti ini, kami merespon cepat. Dan Alhamdulillah, warga UM merespon positif mereka dengan suka rela mengumpulkan dana masing-masing," kata Prof. Dr. H. AH. Rofi'uddin, M.Pd. di Balai Kota Malang.


Selain disalurkan ke pihak eksternal kampus, bantuan tersebut juga diberikan kepada mahasiswa UM sendiri. Sebanyak 600 paket dengan nilai Rp 65 ribu per paketnya dibagikan kepada mahasiswa. "Kami semua tentu berharap Covid-19 segera berlalu. Dan bantuan yang kami berikan sedikit bisa meringankan beban mereka. Terutama mereka yang berada di garda terdepan yang menangani pasien," ungkapnya.


Selain itu, UM juga menyalurkan bantuan yang langsung kepada masyarakat sekitar kampus. Warga Kelurahan Sumbersari yang terdampak di RW 02, 03 dan 05 berupa paket sembako, yaitu beras 5 kilogram, minyak goreng 1 liter, mie instan, telur dan masker.
"Total seluruhnya yang disalurkan langsung ke warga sebanyak 189 paket," ujar Koordinator Satgas Kewaspadaan Covid-19 UM, Prof. Dr. Markus Diantoro, M.Si.


Ia mengatakan, penggalangan dana di UM dimulai 28 Maret lalu sampai 6 April 2020. Total dana yang diperoleh sebesar Rp 128,8 juta. Selain berupa uang donasi dari warga UM juga berbentuk APD, sembako, bahan makanan dan makanan siap saji. "Selanjutnya kami akan terus bergerak untuk membantu warga di sekitar kampus. Saat ini yang menjadi sasaran adalah warga di Kelurahan Sumbersari, berikutnya bisa meluas ke wilayah Jalan Jombang dan sekitarnya," tambahnya.


 Penggalangan dana juga dibantu oleh lembaga kemanusiaan, seperti Aksi Cepat Tanggap (ACT), Gerakan Ahli Sedekah (GAS), Bazis UM, Pemuda Nusa dan Malang Raya Covid-19. (imm/aim)

Editor : Muhaimin
Penulis : Imam Wahyudi