Ular Beracun Tertipis dalam Buah Paprika - Malang Post

Kamis, 21 November 2019 Malang Post

  Follow Us


Minggu, 08 Sep 2019, dibaca : 1305 , Halim, agiem

Sebuah akun Facebook bernama Susi Huang menyebarkan konten yang memberikan informasi kepada netizen, bahwa terdapat ular beracun yang ada dalam buah paprika. Konten yang diunggah pada 16 Agustus lalu tersebut juga menyertakan video yang menampilkan hewan yang diklaim sebagai ular berwarna putih dengan ukuran paling tipis di dunia. Ular sedang merambat keluar dari buah paprika berwarna hijau.
"Ular tertipis di dunia, ular ini hidup dalam paprika, tolong cuci buah dan sayuran sampai bersih, dan makan dengan hati-hati... Lihattt ular beracun tertipis di dunia," kata akun Susi Huang pada unggahan tersebut.
Namun ternyata, topik tersebut sebelumnya sudah pernah diulas oleh sebuah situs pencari fakta yakni snopes.com, yang menjelaskan bahwa hewan yang terdapat pada buah paprika bukanlah ular tertipis di dunia, seperti yang dijelaskan pada unggahan akun Susi Huang. Hewan berwarna putih yang terdapat pada buah paprika nyatanya adalah cacing biasa yang disebut tidak berbahaya bagi manusia.
Pada ulasan dari snopes.com juga mencantumkan pendapat dari seorang dosen senior Biologi di Universitas New Mexico Amerika Serikat Ben Hanelt yang menerangkan bahwa cacing tersebut bukanlah ular beracun, dan bahkan tidak berbahaya bagi manusia. "Sangat mungkin disebut Nematoda Mermithid. Bukan Patogen (parasit, red) bagi manusia, hanya untuk serangga,’’ ungkapnya.
Senada dengan yang disampaikan oleh Henelt, seorang Guru Besar Biologi Integratif di Universitas Negeri Oklahoma, Matthew Bolek, menjelaskan bahwa manusia tidak akan terinfeksi atau mendapat dampak buruk dari cacing tersebut.
"Sejauh yang saya tahu, ini adalah Nematoda Mermithid. Muncul dari inang artropoda untuk mencari tanah atau air untuk berkembang menjadi cacing biasa yang hidup bebas. Tidak berbahaya, dan manusia tidak dapat terinfeksi parasit ini," paparnya.(mg3/lim)



Kamis, 21 Nov 2019

Monumen Ondel-Ondel

Selasa, 19 Nov 2019

Ahok di Tengah Dua Wanita

Loading...