Ubah Mindset ke Pelanggan, Kita Butuh Kamu | Malang Post

Kamis, 05 Desember 2019 Malang Post

  Follow Us


Rabu, 16 Okt 2019, dibaca : 1089 , halim, asa

MALANG - Memasuki era digitalisasi di berbagai lini kehidupan manusia, membuat persaingan di dunia bisnis semakin sengit. Layanan terhadap pelanggan yang menjadi faktor utama dalam berbisnis pun mau tak mau harus menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman. Digitalisasi membuat layanan pelanggan sangat mudah dan cepat untuk direview, sehingga baik buruknya memberikan pengaruh langsung terhadap kepercayaan pelanggan.
Kali ini, kelas Pariwisata Malang Raya (Parimaya) ke 11 secara khusus membahas topik tersebut dengan menghadirkan Markplus Institute Certified Facilitator sekaligus Founder Smart Indonesia yakni Tanti Widia. Pada kesempatan tersebut Tanti membagikan pengetahuannya terkait bagaimana membangun kepercayaan pada era digital.
"Dari awal yang perlu diubah adalah merubah mindset ke pelanggan. Kalau dulu 'You need us'. Sekarang jadi 'We need you'. Karena mereka bisa dengan mudah melepaskan penilaian mereka seketika melalui media sosial," ujarnya di hadapan para peserta di meeting room Ibis Style Hotel, Selasa (15/10).
Menurutnya, para pelaku bisnis khususnya yang berkecimpung di bidang jasa saat ini tidak memiliki pilihan lain, selain merubah mindset untuk memberikan pelayanan kepada pelanggan dengan sebaik-baiknya. Karena berbeda dengan zaman dulu, jika pelanggan merasa kecewa atas pelayanan yang didapat hanya akan menyampaikan pada orang dekat sekitarnya. Saat ini semua yang dialami pelanggan dapat dilihat oleh khalayak umum melalui internet.
"Kalau pun terjadi komplain, bagaimana kita harus menemukan cara untuk memahami pelanggan. Baru kemudian cari pemecahan solusinya. Seperti itu justru pelanggan mendapat kesan baik. Jadi ketika dapat komplain harus dihadapi sebagai tantangan," lanjutnya.
Namun demikian, mengantisipasi adanya komplain dari pelanggan harus dijadikan sebagai upaya pertama. Salah satunya bisa dilakukan dengan memberikan pengalaman atau kesan terbaik terhadap pelanggan, dengan memberikan pelayanan ekstra. Seperti memberikan bonus atau penyambutan khusus bagi tamu hotel.
"Kita bisa lihat di hotel ada pelayanan khusus yang memberikan perayaan ulang tahun bagi pelanggan pada tanggal-tanggal tertentu. Itu mampu membuat pelanggan terkesan. Bisa dipastikan pelanggan pasti kembali," tandasnya.(asa/lim)



Kamis, 05 Des 2019

Pantofel Turun Harga

Loading...