Tropicolour Walk 2019, Genjot Aktivitas Jasa Keuangan Legal | Malang Post

Senin, 16 Desember 2019 Malang Post

  Mengikuti :


Selasa, 12 Nov 2019, dibaca : 747 , halim, asa

MALANG - Setidaknya 70 persen dari masyarakat Malang Raya diketahui sudah terdaftar pada aktifitas jasa keuangan legal. Namun dari total prosentase tersebut, masih sekitar 30 persen saja yang aktif mengoptimalkan inklusi keuangan, atau aktifitas pada lembaga jasa keuangan legal di bawah OJK.
“Dari 10 orang, 7 di antaranya sudah melakukan aktifitas perbankan, seperti tabungan. Namun dari 7 ini, hanya 30 persennya yang memahami bahwa jasa keuangan tidak hanya tabungan,” ujar Ketua Forum Komunikasi Jasa Keuangan (FKIJK) Malang, Wiwi Suprihatno.
Untuk itu, Tropicolour Walk 2019 yang digelar Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bekerjasama dengan Forum Komunikasi Jasa Keuangan (FKIJK) Malang bakal disuguhkan, di Lapangan Rampal, Minggu (17/11) mendatang. Tujuannya untuk meningkatkan aktifitas masyarakat dalam bertransaksi keuangan di setiap lembaga jasa keuangan legal di bawah OJK.
“Inklusi inilah yang perlu ditingkatkan, dari kegiatan Inklusi OJK Malang bertemakan Tropicolour Walk. Harapannya bisa memberikan pemahaman dan mengenalkann kepada masyarakat tentang jasa keuangan yang legal,” lanjutnya.
Kegiatan inklusi keungan Tropicolour Walk 2019 di antaranya bertujuan untuk mengampanyekan budaya menabung pada masyarakat. Serta membuka akses keuangan berbagai lapisan masyarakat, hingga mendorong pemahaman masyarakat terkait produk dan atau layanan jasa keuangan. “Melalui giat ini masyarakat diedukasi terkait manfaat dari penggunaan jasa keuangan, baik bank maupun non bank,” sambungnya.
Kegiatan Tropicolour Walk 2019 juga akan memublikasikan sejumlah program inklusi keuangan. Antara lain adalah simpanan pelajar, Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam rangka keuangan inklusif (Laku Pandai).
Kemudian juga pada Layanan Keuangan Digital (LKD), hingga Asuransi Mikro Reksa Dana Mikro dan Kredit Ultra Mikro. Giat tersebut nantinya akan dihadiri oleh beragam elemen masyarakat. Mulai dari pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), hingga para pelajar dari seluruh kawasan Malang Raya.
“Karena kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan literasi inklusi keuangan, seluruh elemen masyarakat mengikuti giat tersebut. Termasuk juga masyarakat yang belum pernah sama sekali melakukan aktifitas inklusi keuangan,” terangnya.
Tropicolour Walk 2019 dipastikan akan berlangsung dengan beragam kegiatan yang seru. Selain bisa bergabung pada beragam program kegiatan inklusi keuangan dari 150 lembaga keuangan, masyarakat juga bisa mengikuti beragam rangkaian kegiatan menarik. Mulai dari Bazar Keuangan, Colour Fun Walk, Zumba Party, Food Bazar, Vlog Competition, Kompetisi ranking 1, sampai dengan kompetisi fotografi.  Masyarakat yang hadir nantinya juga berkesempatan untuk memenangkan beragam hadiah spekatakuler. Seperti sepeda motor, sepeda gunung, kulkas, hingga televise LED.(asa/lim)



Loading...