Tokoh Muslim Dunia Paling Berpengaruh, Presiden Jokowi Menempati Urutan ke-13

Minggu, 20 Oktober 2019

Sabtu, 05 Okt 2019, dibaca : 2403 , udi, net

JAKARTA - Presiden Jokowi kembali masuk di deretan 'Top 50' dalam daftar 500 muslim paling berpengaruh di dunia. Selain Jokowi, sejumlah nama lain dari Indonesia turut masuk dalam daftar tersebut.
Penyelenggara daftar 500 tokoh muslim berpengaruh di dunia itu Pusat Studi Strategi Islam Kerajaan (The Royal Islamic Strategic Studies Centre/RISSC). RISSC merupakan lembaga riset independen yang terafiliasi dengan Institut Aal Al Bayt Kerajaan untuk Pemikiran Islam, yang berkedudukan di Amman, Yordania.
Buku The Muslim 500: The World's 500 Most Influental Muslims 2020, didapat dari situs resmi The Muslim 500, seperti diakses, Sabtu (5/10/2019). RISCC menyatakan pemilihan orang dalam publikasi daftar 500 tokoh muslim berpengaruh ini bukan berarti dalam rangka mendukung pandangan mereka. RISCC hanya mengukur sejauh mana pengaruh dari orang-orang tersebut.
Pengaruhnya disebut bisa datang dari seorang cendikiawan yang secara langsung berbicara mengenai masalah keumatan dan mempengaruhi keyakinan, gagasan dan perilaku. Bisa juga datang dari penguasa yang membentuk faktor-faktor sosial ekonomi atau dari para seniman yang membentuk budaya populer.
Publikasi ini memilih tokoh Muslim dari berbagai kategori, yaitu keilmuwan, politik, administrasi urusan agama, penceramah dan pembimbing spritual, filantropi, isu-isu sosial, bisnis, sains dan teknologi, seni dan budaya, qari Alquran, selebriti dan bintan olahraga serta ekstrimis.
Tokoh muslim berpengaruh yang berada di urutan pertama adalah Syekh Muhammad Taqi Usmani. Disusul di posisi kedua oleh Ayatollah Haji Sayyid Ali Khamenei. Sementara itu, Raja Salman bin Abdul-Aziz Al-Saud berada di urutan keempat dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan berada di posisi enam.
Sedangkan Presiden Indonesia Jokowi menempati urutan ke-13. Dalam daftar 500 Muslim Dunia Paling Berpengaruh Tahun 2019, Jokowi berada di urutan ke-16. Itu artinya Jokowi naik tiga peringkat pada 2020.
Nama lain dari Indonesia yang masuk dalam daftar 50 muslim berpengaruh yakni Ketum PBNU Said Aqil Siradj di posisi 19. Selain itu, Habib Luthfi bin Yahya berada di urutan 33. Selain itu, RISCC juga membagi para tokoh itu ke dalam beberapa kategori yakni penguasa dan politikus, cendikiawan dan penceramah serta isu-isu sosial, seni, budaya dan olahraga.
Untuk kategori penguasa dan politikus, posisi pertama diisi oleh Ayatollah Haji Sayyid Ali Khamenei. Sedangkan Jokowi berada di urutan sembilan. Untuk kategori cendikiawan dan penceramah, Said Aqil menempati urutan delapan. Mantan Ketum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin juga masuk daftar tersebut, yakni di urutan 33. Untuk kategori terakhir, pesepakbola Moh Salah hingga Salman Khan masuk sebagai tokoh berpengaruh. Selain itu, ada juga nama Khabib Nurmagedov.(dtc/cnn/udi)



Minggu, 20 Okt 2019

Jual HP di Facebook Ditangkap

Minggu, 20 Okt 2019

Hasil Mencopet untuk Beli Sabu

Loading...