Tim UB Raih Juara Umum II Pada Ajang KMHE | Malang Post

Minggu, 17 November 2019 Malang Post

  Follow Us


Minggu, 29 Sep 2019, dibaca : 792 , udi, asa

MALANG - Tim Universitas Brawijaya Malang berhasil menyabet gelar juara umum kedua pada ajang Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) yang digelar Universitas Negeri Malang (UM) sejak Selasa (24/9) hingga Sabtu (28/9). Sedang juara umum pertama diraih Institut Teknologi Surabaya (ITS), yang sudah ketiga kalinya berhasil mempertahankan posisi tersebut.
"Seluruh peserta KMHE terdiri dari 80 tim, dari 45 Perguruan Tinggi, setiap tim terdiri dari 7 mahasiswa dan 1 dosen pembimbing, sehingga total 640 peserta, memperebutkan 24 kategori utama, masing-masing untuk juara I, juara II dan juara III," kata Ketua Panitia Penyelenggara KMHE, Dr. Yoto, S.T, M.Pd.
Selain itu, pada KMHE kali ini, kategori juara terbagi menjadi dua bagian yakni juara 'on track' dan 'off track'. Sementara UB sendiri mengirim empat tim, dua tim berhasil menyabet juara pada kategori 'on track', dan satu tim lainnya meraih juara ketiga pada kategori 'off track'. Namun pada tim terakhir juga sekaligus memenangi juara kedua untuk jenis eco race.
Tim UB tersebut ialah Proto diesel (Apatte Elang Perkasa Team 3 dengan capaian 381,687 km/L) dan Urban Ethanol (Apatte Elang Perkasa Team 4 dengan capaian 272,855 km/L). Kemudian tim lainnya juga mendapatkan juara 3 untuk kelas urban listrik (Apatte Elang Perkasa Team 1 dengan capaian 140,286 km/kWh) sekaligus juga mendapat juara 2 pada eco race.
Sementara itu, tuan rumah penyelenggara KMHE yakni UM berhasil meraih posisi juara pada kategori ethanol sebagai juara pertama yang diwakili Semeru Team 1. Kemudian juga ada Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang meraih juara kedua pada kategori listrik yang diwakili tim Mekatronic Team 2.
KMHE merupakan ajang rutin yang digelar Kemristek Dikti. Berisi karya-karya inovasi mahasiswa teknik Indonesia yang memberikan sumbangsih terhadap bidang alternatif energi. Sedang penyelenggaraannya tidak hanya berisi adu kecepatan dari produk inovasi yang telah mereka buat, namun juga terdapat aktivitas pemantapan keilmuan yang akan diberikan kepada para peserta. (asa/udi)



Loading...