Tiga Partai Tunggu Petunjuk, Belum Berani Tentukan Sikap untul Pilbup

Senin, 21 Oktober 2019

Kamis, 26 Sep 2019, dibaca : 1428 , bagus, agung

MALANG -PDI Perjuangan sudah memastikan maju dengan mengusung bakal calon kepala daerah (Cakada) dalam Pilkada 2020. Namun partai politik (Parpol) lainnya, hingga saat ini masih belum ada kejelasan. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Golongan Karya (Golkar) dan Nasional Demokrat (NasDem), masih menunggu petunjuk dari DPP.
"Masih belum. Untuk Golkar, belum ada agenda untuk membuka pendaftaran (Cakada, red)," ujar Wakil Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Malang, Kusmantoro Widodo.
Menurutnya, saat ini DPD Kabupaten Malang masih menunggu petunjuk dari DPP untuk menghadapi Pilkada 2020. Pasalnya, untuk maju sendiri dalam Pilkada nanti Golkar harus berkoalisi dengan Parpol lain. Sebab, syarat untuk bisa mengusung calon sendiri adalah memperoleh 10 kursi dalam pemilihan legislatif (Pileg) 2019 lalu.
"Nantinya kalau sudah membuka pendaftaran dan ada calonnya, dari Golkar akan melakukan koordinasi dengan Parpol lain untuk berkoalisi," jelasnya sembari mengatakan bahwa Golkar sudah menyiapkan kader terbaiknya.
Begitu juga dengan PKB. Meski sejatinya Partai Kebangkitan Bangsa ini sudah bisa maju sendiri tanpa berkoalisi, tetapi rencana untuk membuka pendaftaran Cakada masih belum ada. Karena menunggu petunjuk dari DPP PKB.
"Masih belum ada petunjuk dari DPP (soal pendaftaran Cakada, red). Sepertinya se-Indonesia juga belum, tidak hanya Kabupaten Malang," ucap Sekretaris Dewan Syuro DPC PKB Kabupaten Malang, Kholiq.
Apakah nantinya maju sendiri? Wakil Ketua DPRD Kabupaten Malang ini, juga mengaku belum tahu. Sebab kewenangan untuk mengeluarkan rekomendasi berada di tangan DPP PKB.
"Kader pastinya ada. Tetapi menunggu petunjuk dari DPP. Siapapun yang ditunjuk oleh DPP, itulah nanti yang harus didukung," tuturnya.
"Dulu (Pilkada 2015, red) kan juga tidak ada pendaftaran. DPP langsung mengeluarkan rekomendasi. Apakah saat ini juga seperti itu, menunggu petunjuk DPP," sambungnya.
Sementara itu, kabar mengejutkan datang dari Partai NasDem. Informasinya, NasDem sudah membuka pendaftaran Cakada. Bahkan pendaftaran dibuka sampai tanggal 23 November mendatang.
Namun terkait pembukaan pendaftaran Cakada ini, belum ada yang membenarkan. Ketua DPD NasDem Kabupaten Malang, Choirul Anam, belum bisa dikonfirmasi. Begitu juga dengan Sekretaris DPD NasDem, Moh. Faiz, juga belum memberikan tanggapan ketika dihubungi.
Sementara, Ketua Dewan Penasehat DPD NasDem Kabupaten Malang, Kresna Dewanata Phrosakhh, ketika dikonfirmasi mengatakan dirinya tidak mengetahui tentang pembukaan pendaftaran Cakada tersebut.
"Belum mas, saya masih di luar belum tahu beritanya (soal pendaftaran Cakada, red)," kata Kresna Dewanata Phrosakhh.
Shodikul Amin, anggota DPRD Kabupaten Malang, yang hari ini dilantik sebagai Wakil Ketua DPRD, mengatakan bahwa petunjuk dari DPP memang sudah ada. Tetapi masih menunggu karena akan dirapatkan internal terlebih dahulu dengan pengurus DPD NasDem Kabupaten Malang.
"Mungkin nanti setelah ada koordinasi internal dengan pengurus DPD NasDem, akan disampaikan melalui media," jelas Shodikul Amin.
Dikatakannya, bahwa komunikasi dengan Parpol lain untuk berkoalisi memang sudah dilakukan. Tetapi untuk pendaftaran Cakada, kapan waktunya dirinya mengaku masih belum mengetahui.
"Untuk detailnya saya belum berani sampaikan. Saya akan komunikasikan terlebih dahulu dengan pengurus DPD NasDem, termasuk dengan Ketua DPD NasDem," pungkasnya.(agp/ary)



Minggu, 20 Okt 2019

Asap Supit Urang Hingga Wagir

Loading...