Malang Post - Tiga Orang Mahasiswa Malang Bertahan di Wuhan

Senin, 06 April 2020

  Mengikuti :


Tiga Orang Mahasiswa Malang Bertahan di Wuhan

Selasa, 28 Jan 2020

MALANG - Tiga dari 21 mahasiswa asal Malang masih bertahan di Wuhan, China. Sedangkan  18 orang lainnya sedang berada di Malang mengisi masa liburan sejak Oktober lalu.  
Muhammad Syaifudin merupakan salah satu mahasiswa asal Kota Malang yang sampai tadi malam bertahan di Wuhan. Warga asal Blimbing ini dalam kondisi sehat. Ia sementara tinggal di dormitori kampusnya di Huazhong Agricultural University, Wuhan.
“Kondisi kota saat ini sedang dilockdown. Kondisi saya Alhamdullilah baik, saat ini kami dilarang keluar kampus untuk keamanan dan kesehatan international student,” jelas Fudin, sapaan akrab Muhammad Syaifudin dihubungi Malang Post, Senin (27/1).
 Mahasiswa studi S2 tersebut sudah berada di Wuhan sejak tahun 2017 lalu. Namun kini ia hanya keluar saat ingin membeli sayuran itupun lokasinya masih di dalam kampus tempatnya menempa ilmu.
“Soal makan, saya masak sendiri. Alhamdullilah ada market kampus yang buka dan ketersediaan bahan lengkap, tidak kekurangan sejauh ini,” terangnya.

   Baca juga :

Mahasiswa UM dan Machung yang Berada di Kota Guilin China, Sehat

Kenali Gejala Awal Virus Corona


Alumnus Universitas Brawijaya (UB) ini tak kembali ke Indonesia  lantaran tahun 2020 menjadi tahun terakhirnya di China. Sehingga ia ingin fokus menyelesaikan eksperimennya dan menulis tesis.
Fudin menjelaskan, satu minggu sebelumnya ia sempat jalan-jalan singkat. Namun tiba-tiba Virus Corona menyebar. Akhirnya pihak kampus memperpanjang liburan semester hingga waktu yang belum ditentukan.
Untuk diketahui, Wuhan merupakan salah satu kota terbesar di China. Ibu kota Provinsi Hubei itu kini sedang jadi pusat perhatian dunia. Betapa tidak, Virus Corona berasal dari salah satu pasar di Wuhan yang menjual satwa secara ilegal. Pada awalnya, virus ini hanya dapat ditularkan oleh hewan seperti kelelawar, kepada manusia saja.
Namun sekarang, Virus Corona semakin berkembang dan dapat ditularkan antar manusia. Akibat hal tersebut, jumlah penderita Virus Corona semakin meningkat, terutama di Wuhan. Sehingga kota tersebut diisolasi oleh pemerintah China.
Ketua Ranting Persatuan  Pelajar Indonesia Wuhan (PPITW) periode 2015-2016, Nugroho Suryo Bintoro, SE, M.Ec.Dev, PhD  mengungkapkan, selain Muhammad Syaifudin terdapat dua mahasiswa lainnya di Wuhan. Yakni Dianita Asmaningtyas dan Jelita Pekerti.
“WNI yang ada,  terbaru 97 orang dan 21 mahasiswa asal Malang. Mereka dari UB, UM dan Ma Chung. Semuanya ada yang dosen studi S3, alumni UB dan UM sedang menempuh studi S2 dan S3,” ujar Nugroho.
Mahasiswa asal Malang di Wuhan tersebar di tiga kampus. Yakni Huazhong University of Science and Technology (HUST), Central China Normal University dan Huazhong Agricultural University.
Dikatakannya,  kabar terbaru yang diperoleh PPITW hingga 27 Januari 2020 pukul 14.00 waktu Wuhan,  sebanyak 2.823 orang di RRC terinfeksi Virus Corona dan pasien yang meninggal 81 orang. Sehingga pemerintah setempat menutup akses masuk dan keluar di 14 kota di Provinsi Hubei.
PPITW saat ini telah mendata jumlah seluruh mahasiswa dan WNI yang sedang berada di Provinsi Hubei sebanyak 244 WNI. Mereka tersebar di Wuhan, Xianning, Huangshi, Jingzhou, Xianyang, dan Enshi. Komunikasi terus dilakukan dengan seluruh mahasiswa dan WNI. Hingga saat ini mereka dalam kondisi baik-baik saja dan tidak ada yang terjangkit Virus Corona.  
Di Universitas Brawijaya (UB) sebanyak enam  mahasiswa S3 juga sedang menempuh pendidikan di China, namun saat ini tengah kembali ke Indonesia. Salah satu mahasiswa yang baru saja kembali pada 15 Januari 2020 yakni Didied Poernawan Affandy, SE,  MBA.Ak.
Didied Poernawan Affandy, sudah merencanakan akan kembali pada Minggu (26/1) kemarin. Namun tidak jadi lantaran kegiatan perkuliahan  mundur dari jadwal yang seharusnya sampai batas waktu yang belum ditentukan.  Didied merupakan mahasiswa di Huazhong University of Science and Technology di Wuhan.  (ica/van)

Editor : Vandri Battu
Penulis : Francisca Angelina

  Berita Lainnya





Loading...