Tidak Representatif, Rumah Lansia Bakal Diperluas | Malang Post

Sabtu, 25 Januari 2020 Malang Post

  Mengikuti :


Selasa, 26 Nov 2019,

MALANG - Sarana dan prasarana yang ada pada rumah Lansia Malang masih belum representatif. Pemkot Malang berencana akan membangun kembali untuk pengembangan rumah Lansia yang sudah ada di kawasan Jalan LA Sucipto, Blimbing, Kota Malang itu.
Plt Kepala Dinsos Kota Malang, Penny Indryani menjelaskan, rumah Lansia yang sudah ada akan dilakukan renovasi dan dikembangkan untuk kriteria ramah lansia yang representatif.
Untuk diketahui, rumah ramah lansia memiliki fasilitas khusus, terutama yang nyaman dan aman bagi lansia. Misalnya, menggunakan material lantai yang tidak licin. Juga jumlah perabotan yang tidak terlalu banyak, karena jika jatuh juga akan membahayakan.
Jika memiliki tangga, rancangannya tidak terlalu tinggi agar bisa digunakan dengan mudah. Selain itu juga penunjang seperti penggunaan closet duduk. Meski juga tetap menyediakan closet jongkok.
"Yang terpenting memberi pegangan di sekeliling untuk membantu mereka beraktivitas di kamar mandi," kata Penny Indryani kepada Malang Post.
Rumah Lansia saat ini berada di kawasan Jalan LA Sucipto rencananya juga akan diperbesar kapasitasnya. Akan tetapi akan dilihat kembali luasan lahan untuk dikembangkan lebih besar lagi.  Selain itu di lima tahun ke depan, Lansia di Kota Malang juga ditargetkan bisa terlayani kesehatannya 100 persen. Yakni dengan memanfaatkan program UHC (Universal Health Coverage). Mengikutkan semua lansia dalam program BPJS Kesehatan.
Ketua Komda Lansia Kota Malang Ir Sofyan Edi Jarwoko menjelaskan, angka harapan hidup Kota Malang di 2018 lalu mencapai usia 72 tahun. Lima tahun sebelumnya juga masih ada di angka 70 tahun juga.
“Maka dari itu, lima tahun ke depan target kita bisa naik signifikan. Mencapai 80 tahun atau bisa 90 tahun,” tegas Sofyan.
Sementara itu hingga saat ini tercatat jumlah Lansia di Kota Malang saat ini sekitar 90 ribu jiwa. Angka ini dikatakan juga semakin naik dari tahun ke tahun.  Meski begitu diakui rumah Lansia yang ada belum signifikan. Hal ini dikarenakan diantaranya belum adanya sarana dan prasarana yang memadai.
“Ya rumah Lansia rencana memang akan kita pindah dan buat sendiri yang lebih ramah Lansia. Ini akan menjadi salah satu prioritas pembangunan di 2021,” tegas pria yang juga menjabat sebagai Wakil Wali Kota Malang ini. (ica/aim)

Editor : Muhaimin
Penulis : Sisca






WEB HOSTING HANDAL

ArdetaMedia

INTERNET STABIL dan MURAH

BestNet
Loading...