The Heritage of Penang | Malang Post

Kamis, 05 Desember 2019 Malang Post

  Follow Us


Minggu, 20 Okt 2019, dibaca : 1128 , parijon, asa

Pulau Penang, merupakan salah satu pulau terindah di Malaysia ini rasanya sangat tepat jika disebut sebagai paket komplet. Bagaimana tidak, gabungan wisata heritage kota tua yang syarat akan sejarah bergabung dengan wisata modern yang mampu menghadirkan wisatawan internasional manca negara. Tak hanya itu, wisata di pulau seluas 1.048 kilometer persegi ini bisa dibilang sangat ramah dengan kantong para wisatawan.
Jika berkunjung ke Penang, tempat-tempat ini wajib untuk dikunjungi. Yakni, Malay Mosque di Lebuh Acheh, Kapitan Keling Mosque, Penang City Hall, Penang Town Hall, Fort Cornwallis, Esplanade Padang Kotalama, Queen Victoria Memorial Clock Tower, Penang Peranakan Mansion, Blue Mansion, Sri Mahariaman Temple, Khoo Kongsi, Yap Kongsi, Cheah Kongsi, Goddess of Mercy Temple, Chinatown, Little India, dan tak boleh ketinggalan George Town World Heritage Incorporated (GTWHI).
Daftar panjang tempat wisata yang harus dikunjungi tersebut setidaknya sudah didatangi semua oleh traveler asal Malang, Miko Irvanti. Menurutnya, belasan tempat wisata tersebut hanya memerlukan waktu kurang lebih lima hari untuk dikunjungi. Perempuan yang akrab disapa Miko ini mengunjungi Penang setidaknya pada akhir bulan September lalu. Sarannya, tempat awal yang perlu dikunjungi adalah sekitar kawasan Georgetown.
"Waktu itu kan karena hotel tempat aku nginap di Georgetown, pusat kota tepatnya di salah satu Heritage Hotel, di Lebuh Victoria jadi kemana-mana dekat. Jadi pertama ngunjungin mural-mural di sekitar hotel. Terus tinggal nyebrang jalan, sudah sampai di Clan Jetties," ujarnya.
Clan Jetties sendiri merupakan bagian dari Jetties, yakni kampung nelayan warga etnis Cina yang sudah berabad-abad ada di kawasan Georgetown. Tepatnya berada di tepi pantai jadi seolah terlihat terapung. Bahkan karena dianggap memiliki nilai sejarah yang tinggi, Georgetown ditetapkan oleh UNESCO menjadi kawasan heritage. Menurut Miko, Clean Jetties Georgetown ini sangat direkomendasikan dikunjungi pada saat matahari tenggelam di sore hari.
"Oiya karena Jetties ini masih pemukiman penduduk, jadi kalau kesini pas pagi-pagi banget ga boleh berisik. Yang terkesan banget, meskipun Jetties ini adalah kampung nelayan, kampungnya bersih, nggak bau amis gitu," katanya.
Sebutnya, Jetties terdiri dari cukup banyak bagian spot populer. Total stidaknya ada 6 Jetties, mulai dari Yeoh jetty, lim jetty, tan jetty sampai dengan chew jetty. Selain menikmati indahnya kampung nelayan dan mural di hampir seluruh penjuru kota, para wisatawan juga bisa mendatangi banyak gedung-gedung tua peninggalan kolonial yang sayang dilewatkan.
"Terus Penang ini kan Heritage banget. Banyak bangunan-bangunan jaman kolonial masih berdiri cakep. Di Georgetown kita bisa kunjungin kawasan-kawasan itu sambil hunting mural naik sepeda. Hanya perlu sewa 8 Ringgit Malaysia (RM) seharian sampai tokonya tutup," lanjutnya.
Tempat wisata selanjutnya adalah The Top atau semacam kawasan mall pertokoan besar yang bahkan memiliki kawasan terminal bus. The top sebenarnya adalah semacam indoor amusement park. Untuk tarif tiket masuk terusan semua atraksi sekitar 99RM. Tapi kalau hanya ingin mengunjungi Rainbow Skywalk saja tarifnya hanya 68RM.
"Yang cool banget ini ya Skywalk ini. Habis main di bawah, kita diajak naik ke lantai 68. Di sana kita bisa liat Penang all around dari ketinggian,” sambungnya.
Lalu masih ada juga CAT Bus, semacam shuttle bus yang bisa secara gratis digunakan oleh para wisatawan. Kemanapun tujuannya, shuttle bus tersebut bisa mengantar ke hampir seluruh kawasan yang ada di Penang. "Kemanapun di Penang yang jauh-jauh bisa pake ini. Jadi kalau pas capek jalan, aku naik bus ini. Rutenya juga bisa diakses online, jadi enak banget," tambahnya.
Kemudian masih ada satu hal lagi yang sayang dilewatkan, yakni kuliner khas Penang. Setidaknya ada tujuh tempat makan yang direkomendasikan oleh Miko. Pertama adalah Bee Hwa Cafe yang disebutnya sebagai 'best halal restaurant'. Lalu ada Hameed Pata Mee Sotong, A1 Buah Berangan, Street Grill - Burger Bakar, Nasi Kandar Line Clear, Emily's Steak House, The most Famous Teochew Chendul in Penang.
"Ada yang berkesan banget juga, jus buah pala. Nggak nyangka, aku pikir bakal pedes tapi ternyata seger dan harganya cuma 4RM.Terus kalau mau cari oleh-oleh murah gitu ke MyDin, walaupun lebih kecil dibanding sama yang di Kuala Lumpur," tutupnya.(asa/jon)



Loading...