Tertinggi Curat, Kedua Curanmor | Malang Post

Selasa, 10 Desember 2019 Malang Post

  Mengikuti :


Kamis, 03 Okt 2019, dibaca : 936 , halim, agung

HASIL OPERASI: Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung ketika menginterogasi para tersangka yang ditangkap hasil Operasi Sikat Semeru 2019.

 

12 Hari Ungkap 273 Kasus, 189 Tersangka

MALANG - Polres Malang pamer hasil tangkapan Operasi Sikat Semeru 2019, Kamis (3/10). Selama 12 hari sejak tanggal 16 - 27 September, ada 273 kasus berhasil diungkap. Dari jumlah kasus tersebut, tersangka yang diamankan sebanyak 189 orang.
"Dengan jumlah ungkap kasus ini, Polres Malang terbanyak kedua di Jawa Timur setelah Surabaya. Hasil ungkap kasus ini adalah keberhasilan dari Polres Malang serta Polsek jajaran," ungkap Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung.
Dikatakannya, dari jumlah kasus hasil ungkap Operasi Sikat Semeru 2019 tersebut, kasus pencurian dengan pemberatan (Curat) yang paling banyak. Ada 128 kasus dengan 98 tersangka. Kemudian curanmor ada 92 kasus dengan 42 tersangka.
Selanjutnya, pencurian dengan kekerasan (Curas), ada 9 kasus dengan 6 tersangka. Perampasan atau pemerasan ada 18 kasus dengan 14 tersangka. Debt collector ada 2 kasus dengan 5 tersangka, serta senjata tajam (Sajam), 24 kasus dengan 24 tersangka.  "Sasaran dari kegiatan Operasi Sikat Semeru 2019 ini, adalah curat, curas, curanmor, perampasan, debt collector, handak, sajam serta senpi," ujarnya.
Lebih lanjut, Ujung mengatakan, dari 189 tersangka yang berhasil diamankan tersebut, sebanyak 15 orang di antaranya merupakan target operasi (TO). Nama mereka selama ini, menjadi buruan polisi karena kasus curat, curas dan curanmor.
"Meskipun Operasi Sikat Semeru 2019 sudah berakhir, namun seluruh anggota Satreskrim dan Polsek jajaran terus mengembangkan kasusnya. Termasuk memburu para pelaku lain yang masih buron," tuturnya.
Sementara itu, dari sejumlah kasus yang diamankan tersebut, petugas menyita ratusan barang bukti. Di antaranya, selain uang, HP, laptop serta komputer, juga puluhan senjata tajam serta belasan sepeda motor. "Berdasarkan data hasil ungkap kasus, untuk Polsek urban tertinggi adalah Singosari serta Dau. Sedangkan Polsek Rural adalah Pakis dan Karangploso," ucapnya.(agp/lim)



Loading...