Tarik Minat Investor dan Wisatawan, KEK Bercorak Kerajaan Singhasari

Selasa, 22 Oktober 2019

  Follow Us

Selasa, 08 Okt 2019, dibaca : 558 , udi, fino

MALANG – Pemerintah Provinsi Jatim dan Kabupaten Malang menyambut baik peresmian Singosari sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Dalam peletakan batu pertama KEK Singosari di Alun-Alun Singhasari Residence dan penyerahan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 68 tahun 2019 dari Kemenpar RI kepada Pemprov Jatim, Bupati Malang HM Sanusi menjadi saksi.
Menpar RI Arief Yahya menyerahkan PP nomor 68 tahun 2019 tentang KEK Singosari kepada Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. “Peresmian KEK Singosari ini adalah yang tercepat, karena daerah lain bisa memakan waktu bertahun-tahun untuk diresmikan sebagai KEK,” kata Sanusi, Selasa sore (8/10).
Menurut Sanusi yang didampingi jajarannya, peresmian Singosari sebagai KEK tak lepas dari dukungan semua pihak. “Pak Arief Yahya, Menpar RI yang berjuang sejak awal untuk KEK Singosari, serta dukungan Bu Khofifah Gubernur Jatim yang mendukung, turut melancarkan proses peresmian KEK Singosari,” kata Sanusi.
David Santoso, Dirut PT Intelegensia Grahatama menyebut, bahwa pihaknya siap mengakselerasi pembangunan KEK Singosari. MoU dengan PLN, Telkom dan Perumda Tirta Kanjuruhan adalah langkah awal realisasi pembangunan KEK Singosari. Kawasan ini, nantinya terdiri dari tiga zona. Yakni, zona pariwisata, zona techno park dan zona industri kreatif. Singhasari Residence, menjadi pintu masuk KEK Singosari. Dalam KEK Singosari, akan terdapat techno park, fasilitas pelengkap serba digital, tanpa meninggalkan kearifan lokal. Spirit kerajaan Singhasari yang diwakili Candi Singosari, akan menjadi focal point dari KEK Singosari.
Perjalanan Budaya Singosari, dari era kerajaan sampai masa modern, akan dikemas di KEK Singosari. Selain itu, desain arsitektur fisik KEK Singosari, bercorak nuansa Jawa. Yaitu, joglo, pendopo, serta bangunan khas kolonial. Menurut David, konsep bercorak Jawa, mengikat bagi investor yang akan turut menanamkan modal dalam KEK Singosari. (fin/udi)



Selasa, 22 Okt 2019

Tidak Welcome

Loading...