MalangPost | Tangani Covid-19 Geser Anggaran Rp 29,4 M

Sabtu, 06 Juni 2020

  Mengikuti :


Tangani Covid-19 Geser Anggaran Rp 29,4 M

Senin, 06 Apr 2020, Dibaca : 2424 Kali

BATU - Pemkot Batu bakal menghabiskan anggaran Rp 29,4 miliar untuk bantuan warga terdampak pandemi Covid-19. Untuk program tersebut, pemkot  menyiapkan pergeseran anggaran pada setiap OPD di Pemkot Batu.  

 

Hal itu diungkapkan juru bicara Gugus Satgas Penanganan dan Pencegahan Covid-19 Kota Batu, M. Chori. Ia menyampaikan, seluruh anggaran tersebut akan diberikan kepada warga yang terdampak yang telah didata Pemkot.

"Akibat dari pandemi Covid-19 pemerintah telah mengintruksikan agar warga tetap di rumah saja. Tentunya ini berdampak pada perekonomian sebagian warga di Kota Batu. Sehingga perlu dilakukan pergeseran anggaran untuk warga karena aktivitas dan kerjanya tak lagi bisa dilakukan seperti hari biasa," ujar Chori kepada Malang Post, Minggu (5/4).

 

Ia menyampaikan anggaran tersebut digunakan untuk berbagai hal. Mulai dari sosialisasi, penyemprotan disinfektan, pembelian APD, pembelian bantuan paket sembako sebanyak 20 ribu paket, insentif bagi lansia, dan pelaku UMKM.

"Serta berbagai pekerjaan dan profesi di sektor informal yang terdampak lainnya. Bahkan Pemkot Batu juga akan memberikan insentif bagi tenaga medis yang berada di garis depan dalam menangani pasien Covid-19 dengan total seluruh pergeseran anggaran sejumlah Rp 29,4 miliar," bebernya.

 

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua I DPRD Kota Batu, Nurochman sangat mengapresiasi langkah Pemkot Batu. Mulai dari transparansi dan update terkait data persebaran Covid-19 di Kota Batu, sosialisasi, tindakan pencegahan, dan penanganan bagi warga Kota Batu terdampak.

"Pemkot sudah sangat sigap dalam penanganan pandemi Covid-19. Mulai dari aksi penyemprotan disinfektan serentak, penutupan tempat wisata sampai pendataan warga di sektor informal yang terdampak dan kemudian mempersiapkan pergeseran anggaran," terangnya.


Pergeseran anggaran Rp 29,4 miliar tersebut, pihaknya juga meminta agar eksekutif memaparkan detail pergeseran anggaran tiap OPD. Setiap OPD melakukan pergeseran dari program apa untuk penggunaan pencegahan Covid-19.

"Pemerintah melalui Gugus Tugas Covid-19 harusnya menyampaikan pergeseran anggaran pada APBD 2020 yang diperuntukan realokasi dan refocussing penanganan Covid-19 ke DPRD untuk di sahkan. Kami tidak akan berbelit karena ini mendesak dan prioritas," bebernya.

 

Sementara itu, Wakil Ketua II DPRD Kota Batu, Heli Suyanto menyampaikan, pihaknya belum menerima rincian pergeseran anggaran untuk penanganan Covid-19. Pihaknya meminta agar minggu ini Satgas Covid-19 Kota Batu segera menggelar rapat terbatas untuk menyampaikan hal tersebut.

"Sebenarnya beberapa hari Satgas Covid-19 dan DPRD berencana untuk memaparkan realokasi dan refocussing penanganan Covid-19. Namun karena ada kegiatan lain harus tertunda," ungkapnya.

 

Ditambahkan Heli, saat digelar rapat terbatas nanti pihaknya ingin tahu rincian anggaran untuk dibuat apa saja. Setelah dirasa penggunaan tepat sasaran, kemudian akan disepakati oleh eksekutif dan legislatif.

"Pada intinya kami akan menyetujui anggaran. Kami harap minggu ini Satgas Covid-19 segera menyampiakan rincian anggaran. Sehingga anggaran bisa segera dicairkan dan digunakan bagi warga terdampak," tegasnya. (eri/feb)

Editor : Febri Setyawan
Penulis : Kerisdiyanto