Tangan Pendemo Melepuh

Jumat, 18 Oktober 2019

Kamis, 03 Okt 2019, dibaca : 213 , halim, stenly

MALANG – Maraknya demo dimanfaatkan oleh penyebar hoax di media sosial. Salah satunya dengan menyebarkan berita mengenai pendemo yang tangannya melepuh karena terkena gas air mata yang beracun.
“Telapak Tangan salah satu Pendemo melepuh akibat memegang gelembung gas air mata/beracun sebelum dilemparkan kembali ke arah polisi yg menembakannya,” tulis akun Daday Hidayat Natari (https://www.facebook.com/dhidayatnatari ) yang mengunggah sebuah foto dan mengirimkakannya pada sebuah grup.
Tidak sedikit yang termakan berita yang dipastikan hoax tersebut. Dari akun yang sama, postingan tersebut bahkan dibagikan lebih dari 1.000 kali.
Padahal, berdasarkan hasil penelusuran foto telapak tangan tersebut ternyata bukanlah foto telapak tangan pendemo seperti yang ditulis dan diklaim akun tersebut.
Foto tersebut sudah diunggah di akun twitter @camillefrases pada tanggal 4 September 2019 dengan narasi “O verdadeiro homem engole seu orgulho e faz qualquer trabalho para sustentar honestamente sua família” atau yang jika diterjemahkan dengan Google Terjemahan berarti: “Pria sejati menelan harga dirinya dan melakukan pekerjaan apa pun untuk secara jujur mendukung keluarganya.”
Hasil penelusuran tersebut membuktikan tidak adanya keterkaitan foto telapak tangan tersebut dengan kejadian unjuk rasa terutama yang terjadi di Indonesia baru-baru ini. “Foto ini bukan karena demo dan terkena gas air mata,” tulis dari salah satu akun ketika mengomentari postingan tersebut. (ley/lim)



Jumat, 18 Okt 2019

Beli Rumah Bonus Janda Muda

Kamis, 17 Okt 2019

Sel Kanker Takut Bawang Putih

Loading...

  Follow Us