Tamu Hotel Dievakuasi dengan Katrol | Malang POST

Jumat, 21 Februari 2020 Malang Post

  Mengikuti :


Senin, 27 Jan 2020,

MALANG - Para tamu dievakuasi dari smoking floor THE 1O1 Hotel Malang OJ sesaat setelah terdapat titik api di salah satu kamar. Evakuasi korban dilakukan oleh Damkar melalui tangga darurat serta menggunakan katrol. Mendengar adanya kebakaran seluruh tamu dan karyawan hotel diarahkan menuju titik kumpul di samping gedung hotel. Kepanikan terasa dan menyelimuti para tamu.
Kejadian tersebut merupakan simulasi yang dilakukan THE 1O1 Hotel Malang OJ dengan menggandeng Dinas Damkar Kota Malang dan kepolisian. Hal ini dimaksudkan sebagai bentuk persiapan adanya bencana kebakaran yang bisa saja terjadi sewaktu-waktu.
General Manager THE 1O1 Hotel Malang OJ Ade Sudrajat mengatakan, simulasi ini sudah disiapkan selama satu bulan dengan melibatkan pihak dari luar yakni Damkar dan kepolisian agar seluruh karyawan memiliki kesiapan ketika terjadi kebakaran. "Simulasi yang melibatkan pihak luar baru pertama kali, sedangkan kalau secara internal kami adakan rutin setiap 6 bulan sekali," ujar Ade.
Simulasi diikuti oleh seluruh staf THE 1O1 Hotel Malang OJ. Diawali dengan lampu indikator menyala yang menunjukkan adanya titik api di dalam salah satu kamar tamu. Security beserta Tim Fire Brigade segera berusaha memadamkan api tersebut yang ternyata semakin besar dan sulit untuk dipadamkan. Chief yang bertugas segera memerintahkan untuk melakukan evakuasi seluruh gedung melalui emergency staircase dan memanggil juga Damkar, ambulance serta pihak kepolisian.
Simulasi tersebut juga menggunakan katrol guna menyelamatkan tamu yang jatuh pingsan sehingga tidak sampai menimbulkan korban jiwa. Selanjutnya para korban dibawa ke dalam ambulance untuk mendapatkan penanganan dari tim medis.
Selain simulasi tersebut, upaya lainnya yang dilakukan THE 1O1 Hotel Malang OJ dalam menanggulangi kebakaran juga melalui fasilitas alat pemadam, seperti springler dan lampu indikator menunjukkan adanya titik api di setiap kamar.
“Fasilitas pendeteksi kebakaran kami lengkap dan sistem alarm berjalan dengan lancar kemudian di setiap kamar dan area dilengkapi dengan alat pemadam api ringan (APAR) dan hydrant di setiap sudut," urainya.
Tak cukup sampai di situ, seluruh karyawan THE 1O1 Hotel Malang OJ juga dilatih oleh Emergency Response Team (ERT) secara berkala dengan jadwal yang telah ditentukan. Sehingga ketika terjadi kebakaran, gempa dan bencana alam lainnya mereka tahu evakuasi apa yang harus dilakukan.
"Kami kasih training secara terus menerus, selama ini tidak pernah ada kejadian untuk itu. Simulasi dilakukan sebagai antisipasi agar apabila terjadi bencana kami sudah siap," tandasnya. Simulasi kali ini sekaligus sebagai latihan agar tidak ada korban jiwa terutama di pihak tamu dan keamanan para tamu terjamin. (lin/lim)

Editor : Abdul Halim
Penulis : Linda Elpariyani



Loading...


Honda
mitsubhisi

WEB HOSTING HANDAL

ArdetaMedia

INTERNET STABIL dan MURAH

BestNet
Loading...