Malang Post - Tambah Prodi Baru, Polinema Jawab Kebutuhan Dunia Kerja

Senin, 30 Maret 2020

  Mengikuti :


Tambah Prodi Baru, Polinema Jawab Kebutuhan Dunia Kerja

Senin, 04 Nov 2019

MALANG - Polinema menambah program studi (prodi) baru sebagai komitmen mutu dan kualitas pendidikan. Tahun ini, Polinema sudah mendapat izin untuk mendirikan tiga prodi baru yakni Prodi DIV Bahasa Inggris untuk komunikasi bisnis dan profesional, prodi DIII Teknologi Pertambangan, dan Magister Terapan Sistem Informasi Akuntansi. Berdirinya tiga prodi baru tersebut, membuat Polinema kini memiliki 26 prodi.
"Pada bulan Oktober ini telah disetujui pembukaan untuk prodi Magister Terapan Rekayasa Teknologi Manufaktur,” kata Direktur Polinema, Drs. Awan Setiawan, MMT, MM.
Menurutnya, masih ada beberapa prodi yang persetujuan dari pusat, seperti DIII Teknologi Perawatan Pesawat Udara (TPPU). Harapannya, prodi-prodi baru tersebut dapat memenuhi kebutuhan dan persaingan dunia kerja.
Selain itu, Polinema sejauh ini juga terus meningkatkan kerja sama internasional baik dengan sesama perguruan tinggi maupun dengan lembaga internasional. Polinema sendiri tahun ini tengah memasuki tahun kedua untuk menyelenggarakan kelas internasional pada sejumlah prodi D4. Kemudian menerima kembali mahasiswa asing dari berbagai negara.
"Total mahasiswa asing di Polinema seluruhnya 32 mahasiswa. Ini menunjukkan bahwa Polinema perguruan tinggi nasional yang berupaya mewujudkan diri sebagai perguruan tinggi internasional," lanjutnya.

   Baca juga : Blitz Party Planner Usung Konsep Rustic, Diburu Para Selebgram


Lebih lanjut Polinema tahun ini juga menyelenggarakan program double degree yakni program kerjasama 2+2 dengan perguruan tinggi di luar negeri di Shandong University of Science of Technology dan Shenyang Aerospace University. Pada kerja sama tersebut mahasiswa bisa menempuh kuliah dua tahun di Polinema dan dua tahun di Tiongkok, dan akan mendapatkan dua ijazah sekaligus.
"Sudah terdapat peserta angkatan I, yang terdiri dari 21 mahasiswa. Berasal dari mahasiswa jurusan Teknik Kimia, Teknik Telekomunikasi, Teknik Mesin, dan Teknik Informasi. Mereka juga sudah mengikuti beberapa kegiatan seperti summer camp, credit transfer system, dan seatvet batch," lanjutnya.
Sementara itu, Polinema tahun ini setidaknya sudah meluluskan 3.175 wisudawan, yang dikukuhkan secara bertahap. Seperti pada tahap III, Minggu (3/10), Polinema mengukuhkan 1.022 lulusan, setelah sehari sebelumnya juga menggelar wisuda. Pada wisuda tersebut terdapat tiga mahasiswa terbaik, melalui raihan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi.
Wisudawan yang menduduki posisi ketiga adalah Siti Mutamainnah, A.Ma.Ak dari  DIII Akuntansi (Pamekasan), dengan raihan IPK mencapai 3,98. Mahasiswi yang akrab disapa Iin ini merupakan salah satu mahasiswa yang mendapat beasiswa dari pemerintah daerahnya. Sejauh ini, kegiatan perkuliahan pun juga dilaluinya di prodi DIII Akuntansi Polinema yang ada di Pamekasan. Dengan beragam keterbatasan yang dihadapi, Iin menempuh studi sembari bekerja disalah satu minimarket di daerahnya.
"Kebetulan saya memang kuliah sambil kerja, semuanya harus disini. Soalnya sekalian jaga nenek saya," ujar Iin.
Sementara wisudawan terbaik pada wisuda tahap II Polinema kali ini adalah Nadhifatul Laely, S, Tr.Kom dari DIV Teknik Informatika dengan raihan IPK 3,88. Mahasiswi asal Singosari Kabupaten Malang  ini pada skripsinya meneliti tentang pengolahan citra untuk mengidentifikasi perbedaan citra laki-laki dan perempuan.
Wisudawan terbaik Polinema dalam wisuda Tahap III ini adalah Dwi Isa Kalundri, A.Md.Ak dari DIII Akuntansi dengan raihan IPK 3,90. Mahasiswi asal Kabupaten Blitar ini merupakan penerima beasiswa Bidikmisi sejak semester tiga. Ia mengaku, meskipun sejak awal juga selalu aktif berorganisasi, namun ia tetap mampu menyeimbangkan diri dengan bidang akademik. Sehingga mampu menjadi yang terbaik.
"Iingin membuktikan walaupun saya sibuk organisasi, tapi tetap bisa seimbang dengan bidang akademik. Dulu saya aktif di UKM Pendidikan dan Penalaran. Semuanya saya lakukan untuk membanggakan orang tua," pungkas dara kelahiran 1998 ini. (asa/oci)

Editor : rosida
Penulis : asa

  Berita Lainnya





Loading...