MalangPost - Tahun 2019 Waktunya Berguna Bagi Sesama

Kamis, 09 Juli 2020

  Mengikuti :


Tahun 2019 Waktunya Berguna Bagi Sesama

Rabu, 01 Jan 2020, Dibaca : 7572 Kali

Hey guys sekarang sudah bulan Desember nih dan sedikit lagi kita sudah ada di penghujung tahun. Hal membanggakan apa sih yang sudah kalian lakukan di tahun 2019 ini? Nah kali ini crew genzi berkesempatan untuk bisa berbagi cerita dengan genzier yang super kece nih, so check this out!
Kevin Fernanda Hafidz merupakan sosok pelajar yang tidak hanya aktif di pembelajaran formal namun juga aktif di berbagai kegiatan non formal. Di tahun 2019 ini ia berhasil menyanding gelar Duta Generasi Berencana 2019 dan juga Putra Mitreka Satata 2019
“Tahun 2019 adalah tahun yang luar biasa bagi saya karena hal-hal yang tidak terbayang sebelumnya ternyata bisa saya lakukan dan juga tahun ini mendatangkan banyak pembelajaran dan tantangan.” Ungkap siswa SMA Negeri 1 Malang itu.
Kevin adalah panggilan yang sudah tidak asing didengar oleh siswa-siswi lain di SMA Negeri 1 Malang. Namanya kian dikenal semenjak ia terpilih menjadi Putra Mitreka Satata 2019. Selain itu ia juga kerap mewakili sekolah untuk ikut berpartisipasi dalam ajang perlombaan salah satunya Duta Generasi Berencana.
“Awalnya pihak Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional datang ke sekolah lalu pihak sekolah mengirim aku sebagai perwakilan, jadi ajang ini dihadiri oleh seluruh SMA di Kota Malang,” jelas Kevin.
Rangkaian-demi rangkaian ia jalani mulai dari penyuluhan hingga attending ke acara kedutaan lain hingga kini Kevin menyanding gelar Juara 1 Duta Generasi Berencana Kota Malang 2019. Menjadi Duta dan Putra Mitreka Satata ternyata telah menggiringnya menemui kegiatan yang paling berkesan di 2019.
Pada akhir November lalu ia menjadi Wakil Ketua Pelaksana kegiatan gabungan bakti social duta SMA gabungan. kegiatan ini mengajak para siswa untuk berkunjung ke panti asuhan Al Kaaf di Tumpang. Selain hadir ia dan teman-teman lain juga belajar bersama anak-anak panti asuhan tentang pentingnya percaya diri, nasionalisme, dan pengembangan hobi dan minat bakat.
“Semoga di tahun 2020 nanti makin banyak teman-teman yang ikut berpartisipasi aktif tidak hanya di pembelajaran formal sekolah dan dapat mengabdi pada masyarakat Kota Malang,” harapnya
Selain Kevin ada juga nih sosok perempuan cantik yang merupakan mahasiswa baru di Universitas Brawijaya. Verena Nathania Darmawan yang akrab disapa Verena ini kini menyanding gelar sebagai Putri Kartini 2019.
“Orang-orang di sekitarku selalu mendukung terutama keluarga karena semua semangat dan dorongan yang aku  dapatkan ini berawal dari keluarga,” ujar Verena.
Di tahun 2019 ini Verena amat bersyukur karena ia merasakan berada di lingkungan keluarga yang selalu berharap agar dia bisa sukses di segala bidang yang ia tekuni. Selain tantangan menjadi Putri Kartini 2019, berusaha untuk masuk ke universitas yang ia inginkan juga membutuhkan effort yang tinggi. Namun dengan usaha yang tidak sedit pula kini ia bisa menempuh pendidikan di Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Brawijaya.
“2019 ini mengajarkanku banyak hal mulai dari bersabar saat menunggu pengumuman universitas, berproses lebih dalam lingkungan baru, dan juga mengeksplor hal baru terutama musik,” tuturnya.
Who knows guys bahwa tahun ini Verena sedang belajar membuat lagu karyanya dia sendiri loh so cool right. Satu lagi nih sosok inspiratif yang capaiannya di tahun ini patut kita contoh dan kita ambil pelajaran untuk kebaikan.
Gloria Vincentia Riyadi merupakan mahasiswi di Universitas Negeri Malang. Genzier yang kini memasuki  di jurusan Sastra ini memiliki cukup banyak achievement di tahun 2017 dan 2018. Di tahun 2017 Gloria menjadi Juara 2 Duta Kampus Universitas Negeri Malang, lalu di tahun 2018 ia berhasil memenangkan juara 2 di ajang Duta Pariwisata Joko Roro Kabupaten Malang serta meraih juara 3 di pemilihan Putra Putri Batik Nusantara.
Walaupun di tahun 2019 ini ia tidak mengikuti perlombaan dan kontes tetapi justru tahun ini ia berhasil membuktikan bahwa ikut ajang Duta itu tidak hanya untuk mencari ketenaran namun juga harus turut berproses, berkontibusi, dan bertanggung jawab atas capaian yang telah diamanahkan.
“Satu hal yang aku dapetin ketika aku ikut lomba itu bukan hanya perkara menang tetapi setelahnya kontribusi apa yang bisa aku berikan dan bagaimana cara aku mempertanggung jawabkan apa yang telah diamanahkan kepadaku. Dan tahun 2019 ini adalah tahunku untuk mengabdi,” ucap mahasiswi Jurusan Pendidikan Bahasa Jerman itu.
Peringkat 3 di ajang tingkat nasional yang ia ikuti yaitu Putra Putri Batik Nusantara ia juga mendapatkan capaian yang cukup berkesan di tahun 2019 ini. Di akhir masa baktinya sebagai Putri Batik Nusantara ia bersama kontestan yang lain melaksanakan kegiatan Gebyar Batik Muda Nusantara yang bertaraf nasional di salah satu Mall Jakarta tepatnya di Kota Kasablanka.
“Melakukan bakti dengan sepenuh hati ini ternyata juga memberikanku banyak pengalaman, tahun ini capaianku memang tidak bisa dihitung melalui angka juara tetapi rasa bangga telah bertanggung jawab atas capaian yang kudapat sebelumnya merupakan pengalaman berharga,” kata Gloria bangga.
Nah guys itu capaian mereka di tahun 2019 ini, bagaimana dengan capaian kalian? Apakah goals awal tahun kemarin sudah terlaksana? Apabila goals kalian belum terlaksana go for it! Tahun 2019 belum berakhir dan masih ada 2020 untuk meraih goals kalian! (*)

Penulis: Aqlia Pratiwi (Universitas Brawijaya)

Editor : Redaksi
Penulis : Genzi