Tabir Surya Sahabat Wanita | Malang Post

Minggu, 17 November 2019 Malang Post

  Follow Us


Sabtu, 19 Okt 2019, dibaca : 636 , rosida, amanda

MALANG - Beauty lovers, cuaca di sekitar wilayah Malang Raya memang sedang panas-panasnya. Untuk itu, kita wajib melakukan perawatan wajah dan kulit agar tidak terbakar sinar matahari. Untuk penggunaan make up sehari-hari, para perempuan wajib menyertakan sunblock atau sunscreen, untuk menjaga kesehatan kulit. Kandungan SPF dan PA dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang merusak dan bisa menyebabkan kanker. Sebaiknya, gunakan sunscreen dengan SPF minimal 30 dengan PA+++ sebelum memulai aktivitas di luar. Apa sih manfaat menggunakan sunscreen, check this out!
 
1. Melindungi dari sinar UV berbahaya
Lapisan ozon yang terus menipis membuat manusia memiliki resiko lebih tinggi terkena sinar matahari. Meski tubuh membutuhkan matahari untuk dosis harian Vitamin D, menerapkan sunscreen bermanfaat untuk menghalangi sinar berbahaya menembus kulit yang memicu iritasi hingga kanker.
2. Mencegah Penuaan Dini
Manfaat menggunakan sunscreen dapat melindungi kulit dari munculnya tanda-tanda penuaan. Seperti keriput dan garis halus.
3. Menurunkan Risiko Kanker Kulit
Gunakan sunscreen setiap hari untuk melindungi kulit dari berbagai jenis kanker kulit, khususnya melanoma. Jenis kanker kulit ini dapat mengancam jiwa dan umumnya terjadi pada wanita berusia 20-an.
4. Meratakan warna kulit
Memakai sunscreen bermanfaat membantu meratakan warna kulit yang belang akibat hiperpigmentasi. Penggunaan sunscreen juga bermanfaat mencegah timbulnya jerawat dan kerusakan kulit lainnya, seperti kusam dan flek hitam.
5. Mencegah Kulit Terbakar (Sunburn)
Sunburn adalah kondisi kulit yang mengelupas, membengkak, merah, dan gatal-gatal, yang disebabkan paparan sinar UVB berlebihan. Kulit yang terbakar bisa meningkatkan risiko kanker kulit.
6. Mencegah Kulit Menggelap
Pilih sunscreen yang memiliki faktor perlindungan matahari minimal SPF 30 untuk mencegah tanning atau penggelapan yang disebabkan oleh UVB. Oleskan kembali sunscreen setiap dua jam, terutama jika memiliki kulit sensitif.
7. Meningkatkan Kesehatan Kulit
Lindungi protein penting pada kulit seperti kolagen, keratin, dan elastin dengan mengaplikasikan sunscreen. Kandungan protein diperlukan untuk menjaga kulit tetap halus dan sehat. Pastikan sunscreen memiliki titanium oksida di dalamnya untuk manfaat yang maksimal.


Jika tidak menggunakan sunblock, akan timbul beberapa permasalahan pada kulit. Apa saja?
1. Kulit Kasar
Sinar matahari menembus dan merusak sel-sel kolagen yang terdapat pada kulit. Hal inilah yang menyebabkan kulit menjadi kasar dan kering, menyerap kelembaban kulit dan mengakibatkan kulit kehilangan kelembutannya.
2. Kerutan
Hal ini merupakan salah satu efek paparan sinar matahari yang sering terjadi pada kulit. Ketika kolagen rusak, kulit kehilangan kelembaban dan kelembutannya. Sehingga timbul kerutan pada kulit.
3. Flek
Ketika kulit terkena paparan sinar matahari, sel-sel melanosit memproduksi melanin, yaitu pigmen yang menghasilkan flek pada kulit. Jika tidak diatasi dengan cepat dapat menyebabkan kulit menjadi terbakar dan menimbulkan noda-noda hitam.
4. Kulit Terbakar
Paparan sinar matahari yang berlebih dapat menyebabkan kulit terbakar. Sinar UV tersebut dapat membakar sel-sel kulit baru.
5. Komedo
Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat menimbulkan komedo pada wajah, terutama di area hidung dan dahi. (tea/oci)



Loading...