Sukses UMKM, Kota Malang Raih Penghargaan Natamukti | Malang Post

Sabtu, 07 Desember 2019 Malang Post

  Follow Us


Senin, 07 Okt 2019, dibaca : 696 , aim, sisca

MALANG POST - Wali Kota Malang, H. Sutiaji menerima penghargaan “Natamukti” dari International Council For Smart Bussines (ICSB) pada Senin (7/10), dalam acara bertajuk Galang UMKM Indonesia 2019 Edisi 4 di IPB Convention Centre, Bogor.
Penghargaan Natamukti diberikan kepada Kota Malang karena dinilai berhasil dalam upaya memasarkan, mendorong peningkatan kualitas serta membangun ekosistem Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Sehingga bisa bersaing di berbagai tingkatan.
Penghargaan bergengsi dalam bidang UMKM ini diberikan Sekertaris Menteri Koperasi dan UMKM, Rully Indrawan didampingi Chairman Markplus Inc, Hermawan Kertajaya.
Wali Kota Malang, H. Sutiaji, mengatakan, saat ini Pemerintah Kota Malang sedang serius dalam menjalankan program UMKM naik kelas sebagai bagian dalam meningkatkan sektor perekonomian masyarakat.
“UMKM naik kelas ini dari yang dulu  kategori mikro bisa naik menjadi kecil, yang kategori kecil bisa naik menjadi menengah, semua ini butuh program strategis yang selama ini sudah dijalankan oleh Pemkot Malang,” kata H. Sutiaji usai menerima penghargaan di Bogor.
Dijelaskan, berbagai upaya yang sudah dilakukan oleh Pemkot Malang dalam mendongkrak sektor UMKM dengan memberikan pelatihan kepada pelaku UMKM, membentuk klinik sebagai fasilitasi konsultasi bagi para pelaku industri menengah, kecil dan mikro serta membantu dalam memfasilitasi sektor pembiayaan.
“Pelatihan dan klinik tersebut dilakukan agar UMKM memiliki daya saing serta mampu melakukan manajemen produksi dan keuangan dengan baik,” imbuh Wali Kota Malang.
Bukan itu saja, Pemkot Malang lanjut, H. Sutiaji, juga fokus terhadap pemasaran produk hasil UMKM. Upaya tersebut, dilakukan karena selama ini kualitas produk hasil UMKM Kota Malang tidak kalah dengan daerah lainnya.
“Target kami pemasaran UMKM tidak saja tembus Pasar Kota Malang, tapi juga pasar regional, bahkan hingga pasar dunia,” tandasnya. (tea/aim)



Loading...