STTAR Bersinergi Sukseskan SMK Empat Tahun | Malang POST

Jumat, 21 Februari 2020 Malang Post

  Mengikuti :


Rabu, 25 Des 2019,

MALANG - Sekolah Tinggi Teknik Atlas Nusantara (STTAR) membuka diri untuk sekolah kejuruan yang akan melaksanakan program SMK Empat Tahun. Yakni dengan memberikan fasilitas dan kesempatan bagi siswa SMK untuk memperdalam kompetensi keilmuan mereka di tahun keempat. Khususnya bagi siswa yang berencana melanjutkan ke perguruan tinggi.

Beberapa waktu lalu, STTAR sepakat bekerja sama dengan SMK Negeri 1 Singosari, berkenaan dengan program sekolah empat tahun. Kerja sama telah dituangkan dalam MoU dan sudah ditandatangani oleh kedua belah pihak.
Dengan demikian, mulai tahun ajaran baru yang akan datang, siswa kelas 12 SMKN 1 Singosari yang mengambil opsi lanjut kuliah mendapat bimbingan dari para dosen STTAR.
"Bisa siswa yang datang ke kampus atau kami yang mengajar di sekolah mereka," ucap Sekretaris Prodi Elektro, Hari Wahyudiono kepada Malang Post.
Selama satu tahun masa studi, siswa SMK mendapat bimbingan materi yang statusnya diakui. Artinya ketika siswa yang bersangkutan melanjutkan studinya di kampus STTAR maka mereka tidak perlu lagi mengulang materi kuliah yang pernah diajarkan saat mereka masih berstatus sebagai siswa SMK.
"Dengan demikian maka mereka lebih bisa hemat biaya dan tidak membuang-buang waktu," terangnya.
Sebagaimana diketahui program SMK Empat tahun, dicanangkan pemerintah beberapa tahun terakhir. Salah satu alasannya karena menganggap lulusan SMK belum cukup matang secara skill dan kompetensi untuk masuk dunia kerja.
Sementara siswa SMK tujuan utamanya dicetak untuk bisa langsung kerja. Maka dari itu pemerintah memberikan solusi belajar empat tahun untuk SMK yang memiliki beberapa program keahlian tertentu. Di SMK Negeri 1 Singosari misalnya, ada dua program keahlian yang mengimplementasikan belajar empat tahun. Yakni elektro dan mekatronika.
"Jadi kami mencoba mengambil jurusan elektro yang sesuai dengan prodi di STTAR untuk kami tawarkan pada sekolah, agar bisa bersinergi" katanya.
Ketua STTAR Eddy Prihatno, MT., menjelaskan MoU dengan dibangun dengan SMK merupakan bagian dari upaya mengenalkan kampus STTAR kepada siswa. Termasuk mengenalkan program-program kampus yang saat ini terus dikembangkan oleh STTAR. "Kami ingin mengawali lebih dulu untuk memperkenalkan kampus ini," ujarnya.
Sejauh ini, lanjut dia, MoU dibangun dengan SMK Negeri 1 Singosari. Kedepannya STTAR juga berencana untuk merangkul SMK-SMK lain yang memiliki kepentingan yang sama. "Ini baru pertama, kalau berjalan baik akan kita kembangkan ke sekolah lain. Karena dalam hal ini kita saling membutuhkan. SMK butuh kampus untuk menjalankan program Empat Tahunnya, sedangkan kita butuh mengedukasi calon mahasiswa," imbuhnya.
Eddy menambahkan kerjasama dengan SMK tidak hanya pada implementasi belajar mengajar. Tetapi juga akan dikembangkan pada program pelatihan kewirausahaan.
"Tujuannya tidak lain agar para siswa kelak bisa lebih mandiri dengan keterampilan yang mereka miliki," pungkasnya. (imm/oci)

Editor : Rosida
Penulis : Imam



Loading...


Honda
mitsubhisi

WEB HOSTING HANDAL

ArdetaMedia

INTERNET STABIL dan MURAH

BestNet
Loading...